Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereASIA UTARA & RRC

ASIA UTARA & RRC


Korea Utara

Korea Utara (23 juta), Ibukota Pyongyang (2,7 juta). Semua agama dilarang keras. Ada beberapa gedung gereja, supaya tamu dari luar negeri bisa melihatnya. Biasanya tidak ada kebaktian di dalamnya. Orang Kristen menderita sengsara! Banyak di antara mereka masuk kamp kerja paksa dan menderita, sebagian di antara mereka meninggal dunia dalam penderitaan.

Jepang

Jepang (126 juta), Ibukota Tokio (12 juta), agama: Shinto/Budha, Kristen 0,4%. Berhubungan dengan menyembah kepada arwah ada banyak kekuatan hitam dalam negara ini. Ini merupakan satu tantangan buat orang Kristen dan hambatan dalam merintis jemaat-jemaat baru. Doakan para pemimpin agama, agar mata mereka dimelekkan. Penyembahan Shinto digalakkan kembali, khusus mendoakan arwah para pahlawan. Mereka pergi ke tempat-tempat di mana arwah disembah dan tempat lain yang merupakan pusat kekuasaan. Sering orang bisnis dengan berpakaian rapi naik gunung untuk minta nasihat dan pertolongan dari roh-roh yang merajalela di situ. Hampir semua penduduk mempunyai mezbah di rumah sendiri dan menyembah arwah dan minta perlindungan dari mereka. Di negara ini juga beberapa jemaat bahasa Indonesia, doakan mereka, agar mereka tetap berakar dalam iman Kristus dan tidak dipengaruhi oleh kuasa gelap.

Mongolia

Mongolia (2,6 juta), Ibukota Ulaanbaatar (0,8 juta), agama: 90% Aliran Bon dalam Budha-Lamais, Kristen 0,7% (20 000+ orang). Suku-suku: Khalka (80%), Oirat, Durbet, Bait, Olot, Darkhat, Kazakhi, dan Uyghur. Orang Kristen bebas bergerak. Penting pemuridan buat banyak orang Kristen, untuk ini proyek-proyek literatur memerlukan dukungan doa kita, agar orang Kristen mendapat buku yang membangun.

RRC

RRC, (1,3 milyard), Ibukota Beijing (12 juta), Shanghai (13,4 juta), agama: ateis 59,1%, agama-agama tradisional 17%, Budha 8% (bertambah terus), Animis 2,4%, Islam 2,4%, Katolik 1%, Kristen 7+% (kira-kira 100 juta ?). Satu negara dengan banyak bahasa dan dialek, dalam bahasa-bahasa utama Injil diberitakan dan disaksikan secara luas. Pada masa ini diperlukan cerita Injil direkam dalam cukup banyak bahasa lain yang juga dipakai oleh sebagian suku bangsa. Politik merupakan paham komunis. Berdasarkan peraturan ada kebebasan agama, tetapi secara praktis pemerintah menghalangi kebaktian secara bebas, pemberitaan Injil, dan pengedaran Alkitab di mana-mana. Jangan mundur dari doa syafaat. Ada berita bahwa tiga pemimpin gereja rumah divonis hukuman mati dan menjalani hukuman mati. Duapuluhan orang divonis penjara untuk bertahun-tahun.

Pemerintah menyesalkan bahwa ada 130 juta Kristen dalam negara ini, di Beijing ada 3000 jemaat gereja rumah, hanya ada 8 jemaat dari gereja resmi diizinkan beroperasi dalam kota yang besar ini. Injil sudah maju ke mana-mana dan sudah ada kader inti komunis yang percaya kepada Kristus.

Sering orang Kristen harus berbakti secara sembunyi di l.k. 500 000 rumah, ladang, dan hutan, (di zaman PB juga belum ada gedung gereja). Permasalahan di China tidak merata.

Suku Hui

Suku Hui (12 juta), agama biasanya agama Islam, Kristen 200 orang, tersebar di seluruh RRC. Mereka memakai bahasa Mandarin ditambah dengan beberapa kata dari bahasa Arab. Sering mereka juga mengetahui bahasa setempat, di mana mereka tinggal. Mereka mempunyai mesjid-mesjid dan sekolah untuk anak-anak mereka di mana-mana, sesuatu yang agama lain tidak diberikan izin. Di kota Xn tinggal 800 ribu orang Hui di antara tiga juta penduduk.

Tibet

Tibet (2,7 juta), Ibukota Lhasa (0,2 juta), Agama: Budha-Lamais (aliran Bon dengan okultisme), Ateis. Tiga suku utama dari rumpun Tibet: Amdo, Khampa dan Lhasa, di samping sejumlah suku lain. Sampai kini hanya 300an orang dari rumpun Tibet ini menjadi orang percaya, baru-baru ini ada beberapa orang Amdo bertobat. Dalam musim dingin dengan suhu jauh di bawah nol dan banyak salju, para pelayan memerlukan perlindungan terhadap penyakit.

Hong Kong

Hong Kong (6,9 juta), Agama: agama China 67%, tanpa agama 18%, Kristen 10%, Moslem 1,5%, juga ada Hindu. Kel. A, YPPII, melayani di GMKIH. Telah dibuka Pos pelayanan di Macau (0,5 juta). Kel. J, CTN, melayani di Gereja Misi Indonesia (GMIH). Keluarga M, CTN, membantu di jemaat GMIH. Kel. D melayani di Indonesian Christian Fellowship (ICF). Kel. J melayani di ICA Jemaat Indonesia.Hong Kong (6,9 juta), Agama: agama China 67%, tanpa agama 18%, Kristen 10%, Moslem 1,5%, juga ada Hindu. Kel. A, YPPII, melayani di GMKIH. Telah dibuka Pos pelayanan di Macau (0,5 juta). Kel. J, CTN, melayani di Gereja Misi Indonesia (GMIH). Keluarga M, CTN, membantu di jemaat GMIH. Kel. D melayani di Indonesian Christian Fellowship (ICF). Kel. J melayani di ICA Jemaat Indonesia.