Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan

Azerbaijan (8,7 juta), Ibu kota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar Syiah) 80%, Kristen 0,1%. Ada berita lewat telepon, orang bisa memilih antara dua bahasa dan juga antara beberapa berita yang berbeda. Seorang menjawab pertanyaan yang dikirim dari penelepon dan pembaca WEB-site. Sejumlah kontak dilayani dan mereka mempelajari Firman TUHAN. Salah satu gereja sudah mencoba mengurus mendaftarkan gereja selama 15 tahun, yang selalu ditolak, karena notaris setempat yang harus menyatakan penandatanganan mereka menolak hal ini sudah berulang-ulang kali.

Kirghizia

Kirghizia (5,4 juta), Ibu kota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 10.000 orang. Keadaan politik belum stabil. Doakan keamanan negara setelah orang Uzbek diserang oleh orang Kirghiz di bagian Selatan negara ini, 2.000 orang terluka, ratusan orang mati. Saat ini PI dalam situasi ini sulit. Referendum 27 Juni: Undang-undang Dasar yang baru diterima oleh masyarakat. Kiranya pemerintah interin diberi hikmat dalam mengatur dan memerintah negara ini dan bisa mendamaikan masyarakat majemuk. Masyarakat sedih dan menderita, karena banyak orang kehilangan harta bendanya termasuk banyak rumah hancur total, mereka luka dan mereka memiliki sanak saudara dan teman yang mati. Kel. PH (YPPII), doakan kehidupan iman jemaat, di antara anggota jemaat yang mereka layani, supaya bertumbuh, dan supaya mereka yang mundur bangkit lagi secara rohani. Perpanjangan visa satu tahun sedang diurus. Ibu Pdt. HT (YPPII), bekerja sebagai pekerja sosial dalam lembaga sosial "Bahtera Anak Harapan". Doakan perpanjangan visa Ibu HT, agar mendapat visa pertahun, akhir-akhir ini ia hanya mendapat untuk selama tiga bulan saja. Ia menulis, "Apa yang harus dilakukan oleh seorang pelayan? Bergaul dengan orang-orang setempat. Mengunjungi mereka. Mendekati mereka. Kepada mereka bertobat, kunjungan lagi dan follow-up mereka, mengajar dan membina mereka. Doakan kami di ladang Tuhan. Agar tambah semangat melaksanakan amanat agung Tuhan Yesus memberitakan Injil kepada mereka yang belum percaya." NP dan TS sedang belajar bahasa dan membantu di Jemaat Logos.

Uzbekistan

Uzbekistan (27,3 juta), Ibu kota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Suku Karakalpak hidup dekat dengan danau Aral yang dahulu luas, karena itu harus naik kapal untuk melawatinya. Penduduk sekitarnya dahulu hidup dari ikan dari danau dan para petani bisa mengairi ladang dengan air dari danau. Sayang, tetapi sekarang ini tertinggal sedikit air di danau, hampir semua air sudah menguap, sisanya penuh dengan garam. Angin membawa garam ini ke desa-desanya, anak-anak tidak bisa nafas lagi, orang tua tidak memunyai penghasilan lagi. Berdoalah bagi Gereja "Greater Grace" yang harus menghentikan ibadah dan kelas–kelas belajar Alkitab mereka karena tekanan dari polisi rahasia. Gereja berbahasa Rusia dirazzia, 500 anggota dalam kebaktian di film, tiga pemimpin divonis penjara 15 hari, lima orang didenda tinggi. Seorang Kristen divonis 10 tahun penjara berdasarkan tuduhan yang dibuat-buat, tawaran kepadanya, kalau ia masuk Islam ia akan dibebaskan, ditolok oleh dia.

Tajikistan

Tajikistan (6,8 juta), Ibu kota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Pertemuan Kristen apa pun dilarang keras. Mereka memerlukan ketabahan.

Kazakhstan

Kazakhstan (16 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2% di antara mereka 15,000 orang asli Kazakhi. Seorang anggota gereja Baptis sudah ditahbiskan sebagai pendeta, dari pemda ia didenda dengan EURO 700,-, ini lebih dari gaji setahun, karena penahbisan ini. Seorang Ibu juga didenda tinggi, karena ia menjadi anggota jemaat Kristen.

Turkmenistan

Turkmenistan (4.9 juta), Ibukota Ashkhabad (0.4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, Kristen 700 orang. Pemerintah tetap berusaha meniadakan semua agama selain Islam dan Ortodoks. Sering tempat ibadah disita atau dirusakkan dan orang Kristen harus berbakti secara diam-diam saja. Orang Kristen perlu ketabahan. Sejak bulan Januari ada satu siaran TV Kristen dalam bahasa Turkmen, namanya "Perkataan yang Hidup". Doakan proses penerjemahan PL ke dalam bahasa Turkmen, para penerjemah memerlukan perlindungan.