Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Afghanistan

Afghanistan (30 juta), Ibukota Kabul (3 juta). Agama Islam secara radikal, tidak ada satu agama lain yang diizinkan. Setiap hari terjadi tindak kekerasan dan menelan banyak korban jiwa.

Azerbaijan

Azerbaijan (8,5 juta), Ibu kota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7.000 - 8.000 orang Azari). Seorang pendeta diajukan ke pengadilan dengan berbagai tuduhan yang tidak benar. Pendeta lainnya dituduh, telah menjadi mata-mata negara Inggris dan mendapat gaji dari situ. Polisi berkata Alkitab dalam bahasa Azerbaijan dan Georgia tidak boleh diedarkan di negara ini, sebenarnya tidak ada satu peraturan semacam ini.

Kirghizia

Kirghizia (5,2 juta), Ibu kota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5.000 orang. Orang Kirghiz biasanya beragama Islam, tetapi ini merupakan satu bagian dari kebudayaan dan identitas mereka daripada satu kepercayaan. Badan PI. Suar Harapan sudah mengadakan berbagai kamp anak-anak dan pemuda dengan 6.000 peserta. Doakan para peserta kamp-kamp, agar mereka memelihara apa mereka dapat selama kamp. Keluarga Pdt. Mex dan Josina Gaspersz (WEC), Bapak Mex tetap mengajar komputer dan bahasa inggris di salah satu sekolah. Persekutuan tetap diadakan secara rutin tetapi dengan perorangan saja, karena ada banyak tekanan. Mereka sedang mengurus visa untuk anak mereka, Moureen, agar ia bisa meneruskan sekolah di Kanada. Doakan pengurusan visa tersebut, karena sudah dua kali ditolak oleh Kedutaan Besar Kanada di Moskow. Keluarga P. Hengkesa (YPPII), membina 6 anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos dan di cabang-cabang jemaat Logos. Ibu Pdt. Heidy Tangkere (YPPII), sedang cuti di Indonesia dan tetap dalam pelayanan deputasi untuk memberitakan tentang pelayanan dari negara pelayanan, ia memerlukan visa baru. Sulit untuk mendapat visa baru, doakanlah.

Uzbekistan

Uzbekistan (25,3 juta), Ibu kota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki 10 ribu. Di propinsi Karakalpakstan tidak ada agama selain Islam dan Ortodoks. Aliran Injili didesak dan diancam akan penjara jika mereka menyelenggarakan kebaktian. Juga di daerah lain di negara ini orang Kristen menghadapi berbagai masalah, misalnya literatur Kristen dirampas, Alkitab dan buku Kristen tidak boleh diimpor.

Tajikistan

Tajikistan (6,3 juta), Ibu kota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Gereja-gereja kecil mengalami pertumbuhan. Ada satu UU baru tentang agama untuk membatasi kegiatan ormas-ormas Islam radikal, tetapi peraturan baru ini juga diterapkan pada jemaat-jemaat orang Injili. Ekonomi sangat sulit, hampir satu juta laki-laki bekerja di luar negeri, biasanya di Rusia, karena penghasilan dalam negeri rata-rata hanya US$ 370 setahun. Karena itu kebanyakan penduduk adalah wanita dan anak-anak. Mereka menghadapi adat lama bersama dengan Islam radikal tanpa ada laki-laki di rumah yang bisa melindungi mereka.

Kazakhstan

Kazakhstan (15,1 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. Pada tahun 1991 belum ada orang percaya dari suku ini, tetapi sekarang ada 10.000 orang percaya dari suku Kazakhi dalam 40 jemaat. Perkantas setempat memunyai satu pelayanan luas di antara mahasiswa di universitas. Gereja Baptis sudah merencanakan menyelenggarakan satu kamp muda di salah satu desa yang cocok dengan fasilitasnya. Tetapi penduduk setempat melarang diadakan kamp muda. Sebanyak 70 pemuda yang sudah terdaftar harus mengurungkan niat mereka, karena dalam waktu singkat sulit mencari tempat lain.

Turkimenistan

Turkimenistan (4,9 juta), Ibu kota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non agama 5%, Kristen 700 orang, biasanya bahasa Rusia. Tetap ada banyak tekanan buat orang Kristen.