Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan

Azerbaijan (8,7 juta), Ibu kota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1%. Di dalam telepon ada satu renungan Firman TUHAN, orang bisa menghubungi nomor ini dan mendengar renungan ini. Setiap hari makin banyak orang menelpon untuk mendengarnya. Seorang tinggalkan berita, "Ini merupakan berita terbagus yang pernah saya dengar, setiap hari saya mendengarnya untuk mendapat penghiburan, saya bagikan nomor telepon ini kepada tetangga. Juga pendengar yang lain membuat demikian dan mengedarkan nomor telepon dengan renungan ini.

Kirghizia

Kirghizia (5,4 juta), Ibu kota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5.000 orang. Peraturan baru tentang kekristenan susah untuk jemaat-jemaat Injili. Orang Kristen di desa-desa menghadapi banyak tekanan dari pihak radikal. Di bagian Selatan negara ini Injil diberitakan kepada masyarakat Kirghiz dan Uzbeki. Diharapkan Bapa kita akan membentuk satu gereja bersama dua masyarakat ini. Kel. P. Hengkesa (YPPII), membina enam anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos dan di cabang-cabang jemaat Logos. Ibu Pdt. Heidy Tangkere (YPPII), sedang cuti di Indonesia, ia siap berangkat lagi, tetapi ia memerlukan visa baru yang sedang diurus. Sulit untuk mendapat visa baru, doakanlah.

Uzbekistan

Uzbekistan (27,3 juta), Ibu kota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Semua kegiatan ibadah, persekutuan doa, PA, dan penginjilan yang tidak terdaftar oleh yang berwajib merupakan tindak kejahatan di mata pemerintah. Tetapi jemaat-jemaat yang mau mendaftarkan diri tidak dibolehkan dan permintaan mereka tidak diterima di instansi. Para pemimpin gereja perlu hikmat dari atas dalam situasi ini. Gereja-gereja tidak boleh mengimpor Alkitab, juga dari Kirghizia tidak bisa, mencetak dalam negara juga tidak mungkin, karena Firman TUHAN secara cetak kurang ada, pelayanan antara orang Kristen terganggu.

Tajikistan

Tajikistan (6,8 juta), Ibu kota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Tahun 1992 hanya ada tiga orang percaya diketahui, sekarang ini sudah menjadi 400 orang Tajiki. Gereja-gereja kecil bertumbuh, juga orang Tajiki yang tinggal di luar negeri ada yang bertobat. Kota-kota yang perlu didoakan yaitu: Kurgan Teppa, Vahdat, Panjakent, Isfara, Khorog, Kulob, Istaravshan, agar di itu satu jemaat bisa dimulai. Gedung gereja yang terbesar di negara (milik Presbyterian Korea) diambil over oleh pemerintah tanpa memberi kompensasi.

Kazakhstan

Kazakhstan (16 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. Dalam negara ini ada 4.000 mesjid. 10.000 orang percaya dari suku Kazakhi dalam 40 jemaat. Sayang, di dalam jemaat-jemaat ada sifat pertengkaran dan tidak mau saling mengampuni, karena sifat semacam ini pelayanan ke luar terganggu. Lewat TV masyarakat umum diperingati jangan berhubungan dengan bidat Kristen, tetapi untuk masyarakat semua orang Kristen yang tidak Ortodoks merupakan bidat dan aliran sesat. Melalui berita ini makin sulit memberitakan Injil. Anak-anak hanya boleh ikut kebaktian, kalau kedua orang tua menyetujui. Karena di negara ini jumlah pemakai Internet makin bertambah, satu badan P.I, sudah memulai dengan satu website untuk menjangkau masyarakat lewat media ini. Di dalam negara ini semua jemaat harus didaftarkan di pemerintah, agar pemerintah bisa mengawasi semua kegiatan gereja-gereja. Perkantas setempat memunyai satu pelayanan luas di antara mahasiswa. Siapa yang percaya akan Kristus dianggap seperti pengkhianat negara ini dan juga diperlakukan sedemikian rupa. Seorang wanita melihat dalam mimpi kebenaran Injil dan Yesus, ia bertobat. Sekarang ini ia dengan berani memberitakan Injil dalam masyarakat yang memerlukan berita hidup. Para pendeta sering didenda, dipenjarakan, diancam, karena mereka melakukan kegiatan rohani yang sesuai pemerintah tidak boleh.

Turkimenistan Turkimenistan (4,9 juta), Ibu kota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non agama 5%, Kristen 700 orang, biasanya bahasa Rusia. Ada program Injil lewat radio dari luar. Kami berdoa, agar banyak orang mau mendengar dan memperhatikan berita ini. Orang Kristen dianiaya, tetapi jumlah Kristen makin bertumbuh. Beberapa tahun yang lalu hanya satu orang Kristen diketahui, sekarang jumlah orang Kristen sudah menjadi 700 orang. Doa kita dikabulkan.