Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Afghanistan

Afghanistan (30 juta), Ibukota Kabul (3 juta). Agama Islam secara radikal, tidak ada satu agama lain yang diizinkan. Sayang, tetap terus-menerus ada kekerasan. Satu masalah besar di negara ini: 90% dari obat bius heroin yang diproduksi di dunia secara ilegal berasal dari negara ini. Tahun 2006 diperkirakan penuaian 6100 ton, sekarang ini sudah menjadi 8.200 ton, paling banyak diproduksi di bagian Selatan yang dikuasai oleh Taliban, mereka mengambil pajak 10% dari para petani, hasil untuk Taliban. setahun US$ 100,- juta. Rupanya pemerintahan tidak bisa mengkon-trol hal ini.

Azerbaijan

Azerbaijan (8,5 juta), Ibukota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7-8000 orang Azari). Berdasarkan UUD ada kebebasan agama, tetapi tantangan terhadap orang Kristen meningkat. Orang Azari menganggap siapa menjadi Kristen merupakan menggabungkan dengan Rusia, dan masyarakat tidak senang dengan Rusia, karena mereka dahulu mengusai mereka. Masyarakat umum menyebut umat Kristen sebagai pen-ganut aliran sesat.

Kirghizstan

Kirghizstan (5,2 juta), Ibukota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Orang Kirghiz biasanya beragama Islam, tetapi ini merupakan satu bagian dari kebudayaan dan idenditas mereka daripada satu kepercayaan. Mereka biasanya yakin dengan roh dan kuasa gelap, mereka takuti "mata yang jahat". Siapa yang menjadi Kristen dianggap menjadi pengkhianat terha-dap idenditas sebagai orang Kirghiz. Badan P.I. Suar Harapan mengadakan sampai bulan Agustus berbagai kamp anak-anak dan pemuda/i dengan seluruhnya 6,000 peserta. Doakan bahwa akan ada cukup banyak pelayan di kamp-kamp. Semua harga makanan makin tinggi. Doakan para peserta kamp, bahwa berita Injil yang ditaburkan bertumbuh dalam hidup mereka, meskipun berba-gai kesulitan. Kel. Pdt. Mex & Josina Gaspersz, WEC: Bapak Mex tetap mengajar komputer dan bahasa Inggris di salah satu sekolah. Persekutuan tetap diadakan secara rutin, tetapi dengan perorangan saja, karena ada banyak tekanan. Ada anak muda yang sudah menjadi Kristen diancam oleh orang tua untuk dibunuh. Mereka sedang mengurus visa buat anak mereka, Moureen, agar ia bisa meneruskan sekolah di Kanada, tolong doakan semua urusan, karena sudah dua kali ditolak oleh Kedutaan Besar Kanada di Moskau. Kel. P. Hengkesa, YPPII, memelihara dan mem-bina 6 anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos dan di cabang-cabang jemaat Logos. Ibu Pdt. Heidy Tangkere,, YPPII, sedang cuti di Indonesia dan dalam pelayanan deputasi, untuk kem-bali ia memerlukan visa baru. Sulit untuk mendapat visa baru, doakanlah.

Uzbekistan

Uzbekistan (25,3 juta), Ibukota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Or-todoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Bulan Mei yang lalu di TV disiarkan dalam satu program, bahwa orang Injili merupakan orang yang mengikuti Setan dan dibandingkan dengan orang fanatik dan ekstrim. Dua pendeta dilukiskan sebagai pengkhianat dan data pribadi di-umumkan. Anggota gereja perlu ketabahan, agar tidak menjadi lemah dalam iman, meskipun ada tantangan besar. Di propinsi Karakalpakstan tidak ada agama selain Islam dan Ortodoks diizinkan. Aliran Injili didesak dan diancam penjara kalau ada kebaktian diselenggarakan. Juga di daerah-daerah lain di negara ini orang Kristen menghadapi berbagai masalah, misalnya literatur Kristen dirampas dan anak-anak keluarga Kristen diancam penjara, kalau mereka tidak menceritakan, apa mereka belajar di rumah, buku mana mereka baca dan nyanyian mana mereka menyanyi di keluarga.

Tajikistan

Tajikistan (6,3 juta), Ibukota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Gereja kecil yang bertumbuh. Sedang disiapkan satu UU baru tentang agama.

Kazakhstan

Kazakhstan (15,1 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. 10 000 orang percaya dari suku Kazakhi dalam 40 jemaat, tahun 1991 masih nol. Ada satu RUU disiapkan, bahwa semua orang (dari dalam negeri atau luar negeri) yang mau memberitakan Injil memerlukan satu izin khusus dari pemerintah. Anak-anak hanya boleh ikut kebaktian, kalau kedua orang tua menyetujui. Berdoalah, bahwa RUU tidak akan disahkan.

Turkmenistan

Turkmenistan (4,9 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Or-todoks 2%, non-agama 5%, Kristen l.k. 500 orang. Tetap ada banyak tekanan dan kesusahan buat orang Kristen.