Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Di Azerbaijan, Kirghizstan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Tajikistan. ada banyak suku bangsa: Azari (20 juta), Uzbeki (20 juta), Tajiki (12 juta), Uyghur (9 juta), Kazakh (9 juta), Tatar (7 juta), Turkmen (4 juta), Kirghiz ( 3 juta), ditambah dengan l.k. 30 suku lagi. Terus-menerus Firman TUHAN diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa ini, agar masyarakat bisa membaca FT.

Azerbaijan
Azerbaijan (8 juta), Ibukota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7-8.000 orang Azari). Orang bisa menelpon dengan nomor tertentu dan mereka mendengar satu berita Injil selama tiga minet, orang yang mendengar berita ini bisa minta penjelasan lanjutan. Doakan pelayanan lanjutan di antara orang peminat. Doakan alat komputer yang sering ti-dak bekerja semestinya. Satu media lain ada web-site dengan Firman TUHAN dan banyak bahan Kristiani lain yang bisa membantu mereka yang mencari kebenaran.

Kirghizstan
Kirghizstan (5,2 juta), Ibukota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Bible League sudah melatih orang Kris-ten di jemaat-jemaat belajar bahasa isyarat, agar orang tuli bisa ikut "melihat" pemberitaan Firman TUHAN. Sudah ada kelompok PA khusus untuk orang tuli. Kel. Pdt. Mex & Josina Gaspersz, WEC: Bapak Mex tetap mengajar sebagai guru komputer di salah satu sekolah. Persekutuan mingguan tetap diadakan setiap minggu, tetapi sebagian orang takut datang, karena tekanan oleh masyarakat. Kel. P. Hengkesa, YPPII, memelihara 6 anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos. Pada tanggal 4 November 2007 jemaat Logos sudah merayakan HUT kelima. Ibu Pdt. Heidy Tangkere, YPPII, me-layani di jemaat Antiokhia di kota Bishkek. Doakan untuk pengurusan perpanjangan registrasi pe-layanan di gereja Antiokia dan pengurusan perpanjangan visa Ibu Heidy. Tolong doakan juga kese-hatan Ibu Heidy, bahwa ia terlindungi dari serangan Iblis. Sekarang ini semua pelayan menghadapi lagi musim dingin, apa lagi selama bulan Desember dan Januari ada banyak salju dan es.

Uzbekistan
Uzbekistan (25,3 juta), Ibukota Tashkent (2,2 juta), orang Uzbeki 19 juta, masih ada 30 suku lain, antara lain: Rusia 5%; Tajiki 5%; Kazakh 3%, agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang berasal dari suku Uzbeki, 10 ribu. Kegiatan orang Kristen sangat dibatasi dan ada banyak te-kanan dari yang berwajib. Di daerah Karakalpakstan semua jemaat yang pernah resmi, sudah hilang status resmi, 20 jemaat sudah minta didaftarkan kembali, tetapi ditolak. Karena itu para pemimpin dituduh mengadakan kegiatan agama ilegal, seorang Ibu dipenjarakan setengah tahun, karena ia memiliki literatur Kristen. Di daerah itu hanya agama Islam dan Ortodoks diakui.

Tajikistan
Tajikistan (6,3 juta), Ibukota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%, di antara mereka 400 orang Tajiki, bertambah sedikit. Tanpa alasan apa pun pemerintahan melarang mengimpor literatur Kristen dan Alkitab. Sudah lima ton buku dan bahan studi Frman TUHAN siap dikirim dan banyak literatur Kristen lain tersumbat di perbatasan, karena diberikan izin masuk. Bahan ini diperlukan, agar orang Kristen bisa bertumbuh dalam iman mereka. Kel. I & M, O.M. Indonesia, membantu dalam tugas dan pelayanan satu LSM sosial.

Kazakhstan
Kazakhstan (15,1 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), a.l. suku-suku di negara ini: Kazakhi (7,9 juta), Uzbeki (0,4 juta), Tatar (0,3 juta), Uyghur (0,3 juta), Rusia (5,6 juta), Ukraina (0,9 juta), Jerman (0,4 juta), Korea (0,1 juta), 100+ suku bangsa tinggal di negara ini. Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. 10 000 orang percaya dari suku Kazakhi. Pemerintah berjanji mau memelihara HAM, kita berdoa, bahwa ini akan menjadi kenyataan secara praktis. Perkantas setempat mempunyai satu pelayanan luas di antara mahasiswa. Siapa yang percaya akan Kristus dianggap seperti pengkhianat negara ini dan juga diperlakukan sedemikian rupa.

Turkmenistan
Turkmenistan (4,9 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, orang Kristen Turkmen l.k. 500. Dalam penginjilan tetap banyak kesusahan! Presiden baru sudah memberi janji akan diberikan kebebasan dalam negara, tetapi belum ada kenyataan.