Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan
Azerbaijan (8 juta), Ibukota Baku (2 juta). Agama Islam 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7-8000 Azari). Dalam bulan-bulan yang lalu 40 orang bertobat, mereka sekarang ini masuk dalam persekutuan-per­sekutuan rumah. Orang Kristen lama dididik untuk memimpin persekutuan ini. Doakan pe­layanan lewat telepon. Setiap hari ada orang yang meninggalkan nomor teleponnya atau alamat rumahnya. Perlu yang membantu dalam tindak lanjut. Terima kasih atas dukungan doa buat WEB-site dalam bahasa Azari yang sudah disusun di dalamnya ada banyak informasi dan bahan dari Alkitab. Dalam satu bulan ada 1000 orang yang membacanya, sebagian besar dari Azerbaijan, tetapi juga dari negara-negara lain, di mana orang berbahasa Azari hidup. Ada yang minta penjelasan seterusnya.

Kirghizstan
Kirghizstan (4,7 juta), Ibukota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Orang Kristen berasal dari agama Islam ditekan dan dicobai dipaksa murtad dari Kristus. Ada usaha membuat peraturan baru yang akan mem­­batasi kebebasan agama. Berdoalah agar usaha ini gugur. Selama musim panas diadakan cukup banyak kamp anak-anak dan muda/I oleh satu badan P.I., yang diikuti oleh 6 000 peserta. Berdoalah agar banyak peserta akan bertobat, dan para pemimpin kamp perlu kekuatan selama berminggu-ming­gu. Kel. Pdt. M & J, WEC: Bapak M tetap mengajar sebagai guru komputer di sekolah umum se­tem­pat. Doakan persekutuan mingguan yang diadakan pada hari Sabtu karena hari Minggu hari pa­sar. Doakan juga pendidikan kedua anak mereka untuk masa depan. Sekarang Ibu J mengajar me­reka. Kel. P. H, YPPII, membina anak-anak terlantar di Family House Bahtera Kasih dan pe­layanan perintisan di desa-desa. Ibu H, YPPII, membantu da­lam pelayanan di je­maat-jemaat Logos dan Antiokhia di kota Bishkek. Jumlah peserta Kamp Alkitab tahun ini adalah 420 orang anak lebih. Ibu H menjadi programmer yang baik. Puji Tuhan bahwa dapat mendengar Injl lewat kamp ini. Gereja-gereja GPIK yang didirikan oleh tenaga dari Indonesia sangat memerlukan hamba Tuhan yang terdidik dan punya dedikasi tinggi.

Turkmenistan
Turkmenistan (4,4 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam campur okultisme, Ortodoks 2%, orang Kristen Turkmen l.k. 500. Penginjilan dilarang keras, orang Kristen tidak boleh berbakti di rumah sendiri, izin membangun gedung gereja tidak pernah turun. Bagaimana jalan keluar? Se­benarnya banyak orang terbuka tentang percaya akan Kristus. Mendoakan presiden selama hidup, Niyazov, agar ia mengerti, bahwa hanya ada satu tuan di atas segala tuan dalam dunia ini.

Uzbekistan
Uzbekistan (25,3 juta), Ibukota Tashkent (2,2 juta), orang Uzbeki 19 juta, masih ada 30 suku lain, agama: Islam 95%, Kristen 0,3%, yang berasal dari suku Uzbeki, 10 ribu. Pemberitaan Injil dilarang. Orang Kristen perlu ketabahan, karena situasi buat orang Kristen makin buruk. Orang Kristen asing diusir, visa tidak diperpanjang, kalau mau masuk lagi, diberhentikan di perbatasan, gerak-gerik kan­tor-kantor LSM Kristen sangat dibatasi, malah ada yang ditutup dan diseret ke pengadilan. Makin gawat! Meskipun ada banyak halangan, penerjemahan PL maju. Kitab Keluaran siap dicetak.

Tajikistan
Tajikistan (6,3 juta), Ibukota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%, jumlah 2000 orang, di antara mereka 400 orang Tajiki. Kami bersyukur kepada TUHAN, bahwa RUU kebebasan beragama tidak disahkan. Andaikata disahkan pelayanan ge­rejani sangat dibatasi dan kegiatan rumah gereja menjadi ilegal. Kel. I & M, O.M. Indonesia, mem­bantu dalam tugas dan pelayanan satu LSM sosial. Mereka menolong orang di pegunungan yang ke­hilangan segala sesuatu, karena kena longsor. Ada juga pelayanan INTERNET lewat LSM ini.

Kazakhstan
Kazakhstan (15 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. 100+ suku bangsa tinggal di negara ini, a.l. Kazakhi (7,9 juta), Uzbeki (0,4 juta), Tatar (0,3 juta), Uyghur (0,3 juta), Rusia (5,6 juta), Ukraina (0,9 juta), Jerman (0,4 juta), Korea (0,1 juta). Pelayanan mahasiswa Perkantas setempat aktif untuk memberitakan Injil di antara mahasiswa dalam negara ini. Puji Tuhan, sudah bisa dimulai beberapa cabang dalam negara yang luas ini. To­long men­doakan pengedaran majalah Kristen satu-satunya SCHARAPAT, agar dipakai di antara masyarakat yang luas dan makin banyak orang mengerti siapa Juru Selamat mereka.