Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Selatan dan Tenggara

Asia Selatan dan Tenggara


Pakistan

Pakistan (160 juta), Ibukota Islamabad (0,9 juta), agama: Islam 97%, Hindu 1,5%, Katolik 0,5%, Kristen 1%. Pemerintah sedang menyerang gerombalan pemberontak, banyak korban jiwa dalam pertengkaran. Pemberontakan meledakkan bom-bom di berbagai kota.

India

India (1,2 milyard), Ibukota Delhi (14 juta), Agama: Hindu 81%, Islam 13%, Budha 0,8%, Sikh 1,1%, Katolik 1%, Kristen 1,5%, dll. Kota Delhi dikelilingi oleh banyak daerah kumuh yang penuh dengan kemiskinan, penyakit, dan sampah yang berbau. Di daerah kumuh tinggal juga banyak yang beragama Islam, ada pelayanan perintisan Kristen, doakanlah para pelayan Kristen di situ. Jangan berhenti berseru kepada Bapak kita, karena setiap minggu ada tiga serangan serius (152 kali selama tahun 2009)terhadap orang Kristen, mereka diancam, ditahan dengan tuduhan yang dibuat-buat, diserang, dipukuli, kadang-kadang juga dibunuh, kebaktian diganggu, rumah dan toko orang Kristen dibakar, fasilitas Kristen dirusak oleh orang yang fanatik. Kami bersyukur kepada TUHAN, pada Natal 2009 orang Kristen bisa berbakti tanpa gangguan, karena gereja-gereja dilindungi oleh polisi. Berdoalah bagi proyek sosial kemanusiaan yang saat ini tengah berlangsung di Kandhamal/Orissa. Orang hidup di bawah ancaman, teror, dan ketakutan. Friendship Center India yang dipimpin oleh Bapak dan Ibu Pdt. J dan P (YPPII), terlibat dalam perintisan jemaat baru di daerah kumuh di Mumbai dan di Pune. http://www.friendshipcentre.org

Maladewa

Maladewa (0,3 juta) (80.000 orang asing pekerja, ini merupakan satu perempat dari penduduk negara ini). Ibukota Male, hanya agama Islam boleh, Kristen 30 orang. Kecanduan terhadap obat-obat bius sangat tinggi, bahkan hal ini juga terjadi pada umat Kristen. Semoga kuasa Tuhan membebaskan mereka dari ikatan ini dan hidup mereka kembali berbuah untuk kemuliaan Tuhan.

Bangladesh

Bangladesh (160 juta), Ibukota Dhaka (11 juta), agama: Islam 87%, Hindu 12%, Animis 0,6%, Budha 0,6%, Kristen 0,3%, Katolik 0,2%. Pada 4 Desember yang lalu di sekolah latihan penginjilan "Christian Discipleship Centre" (CDC) 16 mahasiswa sudah wisuda, lalu diutus untuk pelayanan, dan 28 mahasiswa baru diterima. Rekaman Injil Bangladesh sudah merekam berita Injil dalam 45 bahasa dan dialek dalam negara ini. Karena iman mereka, umat Kristen di daerah BK terus menerus menderita aniaya dan ditekan oleh kelompok fanatik. Orang fanatik ini mau memaksakan orang Kristen kembali ke iman lamanya. Berdoalah agar mereka terus dikuatkan Tuhan setiap hari.

Bhutan

Bhutan (0,8 juta), Ibu kota Tumbuh (31.000), agama: 73% Budha Lamais aliran Bon merupakan agama negara, 22% Hindu (biasanya suku Nepal), 4% Islam, 1,2% Kristen. Ada masalah baru: pengajaran sesat merembes masuk dalam gereja-gereja rumah, karena ada kekurangan hamba TUHAN yang bisa mengajar Firman TUHAN semestinya. Juga buku rohani Kristen bagi anak-anak, kaum muda, orang dewasa dan para pemimpin gereja semakin jarang dijumpai. Berdoalah agar Alkitab dan buku-buku yang bisa membantu pertumbuhan rohani calon-calon pemimpin gereja masa depan ini bisa dipenuhi. Banyak umat Kristen perempuan tidak dapat membaca dan menulis, namun mereka terus menjadi pendoa syafaat yang mendukung gereja-gereja di Bhutan. Satu badan PI sudah mempersiapkan pelatihan baca tulis hingga mereka dapat lebih efektif dalam pelayanannya.

Nepal

Nepal (24 juta), Ibu kota Kathmandu (0,6 juta), agama: Hindu 80%, Budha 10%, Islam 4,5%, Kristen 1,9% (500 ribu). Keluarga Raastrako Jyoti (Navigator), dikuatkan oleh kunjungan beberapa teman dari luar negeri. Ada satu kelompok tentara Indonesia menjadi tetangga mereka, tugas mereka di Nepal adalah tentara penjaga perdamaian (United Nations Mission In Nepal) yang tugasnya menjaga proses normalisasi dalam negara ini. Mereka mau menjadi terang untuk tentara ini. Musim ini ada musim nikah, karena itu mereka sudah berulang kali diundang upacara pesta nikah dari teman dan kenalan. Dari bulan Agustus s/d November 2009 sudah dibagikan 3.000 kaset Rekaman Injil di bagian Timur negara ini. Semoga Bapa kita memberi terang kepada mereka mendengarkan cerita Injil.

Kamboja

Kamboja (15 juta), Ibukota Phnom Penh (1,5 juta), agama Budha Theravada (80,8%), Budha Mahayana (6,7%),Islam 3,7%, agama China (3%), orang percaya sekitar 1-2%, Katolik (0,7%), dan Animis (1,1%). Diperkirakan dalam negara ini ada 5.000 tempat kebaktian dengan lebih dari 150.000 orang percaya. Keluarga H dan S (Navigator), dikuatkan lewat kunjungan di Indonesia baru-baru ini. LSM lokal yang dinamai "Pioneering Partner in Cambodia (PPC)" telah disyahkan oleh pemerintah K pada 24 Desember yang lalu. Tuhan telah menjawab doa kita semua untuk perolehan izin ini sebelum akhir tahun 2009. Puji Tuhan ! Berdoa agar Allah memakai wadah ini untuk identitas dan wadah pelayanan wholistic (sosial). Di lembaga bahasa (LEC), S menjadi pembina para guru bahasa Khmer. R (Navigator), sudah pindah LSM-nya. Keluarga S (Navigator), terus maju dengan usaha restaurannya di Waroeng Bengawan Solo, dan dengan pelayanannya bagi pegawainya, oikos di Takhmao dan kelompok biksu. T sudah melayani melalui mengajar bahasa Inggris untuk beberapa pemuda/i Khmer di LEC, mengajar menggambar di salah satu proyek anak-anak miskin, dan bergabung dengan tim musik di satu gereja Khmer. M mengajar bahasa Inggris untuk remaja dan mengajar bahasa Inggris dan komputer di markas tentara di Kampong Chhnang (100 km dari Phnom Penh).

Laos

Laos (6,2 juta), Ibukota Vientiane (0,7 juta), Budha 58,7%, Animism 33%, tanpa agama 5,1%, Islam 1%, Katolik 1%, Kristen 1%, hanya agama Budha dan Animism diperbolehkan, semua agama lain dilarang keras. Yang bukan komunis dipaksakan untuk menyembah roh-roh jahat, kalau tidak mau ditahan. Orang Kristen dipukuli, dipenjarakan, dan dipindahkan. Umat Kristen di desa-desa terpencil mengalami kekerasan dari masyarakat lokal dan pemimpinnya. Mintalah agar mereka tidak menjadi patah semangat dan tetap bergantung pada pembelaan Tuhan.

Thailand

Thailand (66,2 juta), Ibu kota Bangkok (7 juta). Agama: Budha 92%, Islam 4%, Kristen 1,6%.Rekaman sudah merekam cerita Injil ke dalam bahasa-bahasa Yoy dan Nyaw di daerah Timur Laut. Di empat propinsi di bagian selatan tinggal suku Melayu Pattani (3,3 juta orang) yang beragama Islam. Keempat propinsi ini kurang aman, sering terjadi tembak-menembak dan peledakan bom.

Vietnam

Vietnam (87 juta), Ibukota Hanoi (2,3 juta), Ho Chi Minh City (7 juta), tetap paham komunis. Agama Budha 55%, Katolik 5%, Kristen 0,8 juta. Meskipun umat Kristen mengalami berbagai pembatasan tekanan, mereka terus bertumbuh 5 hingga 6 kali lipat sejak tahun 1975. Para pelatih pemimpin gereja harus berjalan sampai ke tempat-tempat terpencil bertemu dengan para pemimpin. Mereka harus dilindungi terhadap polisi yang tidak senang, kalau orang Kristen dilatih. Tekanan terhadap orang Kristen meningkat, kadang-kadang yang berwajib mengerahkan gerombolan tukang pukul terhadap orang Kristen. Yang berwajib menyatakan ini merupakan kemarahan spontan masyarakat terhadap orang Kristen. Mereka berkata mereka tidak bertanggung jawab tentang hal ini. Kel. PM mau menjangkau suku-suku terabaikan, karena itu mereka memperdalam diri dalam bahasa V.

Pilipina

Pilipina (90 juta), Ibukota Manila (1,7 juta), agama: Katolik 83%, Islam 8%, Protestant 7,5%, dll. Baru-baru ini satu marga dari suku Magindanaw membunuh 57 anggota dari satu marga lain. Latar belakang masalah politik. Keluarga Pdt. MF (YPPII), memimpin GKI-P di Manila. Ibu RZ (OMF), sedang studi lanjutan selama satu tahun di Singapura. Pelayanan di antara orang Manobo di Upper Langilan/Davao del Norte diteruskan oleh H (orang Pilipina), dibantu oleh pejuang lama B dan A. B tetap melayani di antara SS. Pusat kelompok teroris Abu Sajaf di pulau Basilan, mereka mengganggu keamanan di seluruh pulau bagian Selatan negara ini.

Malaysia

Malaysia (27,5 juta), Ibukota Kuala Lumpur (2,2 juta), agama: Islam 55%, Budha 29%, Hindu 7%, Kristen 4%, Katolik 3,5%. Bulan Januari delapan gedung gereja diserang dan dibakar, satu gedung hancur betul. Sebagai alasan dikatakan, karena di pengadilan tinggi diputuskan orang Kristen boleh memakai nama Allah sama seperti orang Islam. Para penyerang tidak setuju dengan keputusan ini. Masih ada banyak kampung di negara bagian Sabah dan Serawak yang belum diinjili, banyak gereja yang tidak memunyai pendeta, karena itu sering orang-orang Kristen cuma nama saja. Doakan Keluarga S yang memimpin tiga jemaat di KL, yaitu SIB-Petaling Jaya, SIB-Cheras Awana, dan GIBIN (Gereja Injili Berbahasa Indonesia). SIB-Petaling Jaya memunyai semangat misi yang kuat. Doakan agar gereja ini dipakai Tuhan untuk bermisi di Sabah dan Serawak. Keluarga Pdt. SB di Kota Sandakan/Malaysia Timur menjangkaui berbagai suku di Kota Sandakan.