Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Selatan dan Tenggara

Asia Selatan dan Tenggara


Asia Selatan dan Tenggara

Ada gerakan doa syafaat dari "Gerakan Ethnê ke Ethnê" buat suku-suku terabaikan di Bangladesh pada bulan Oktober 2009. Info: -- http://www.ethne.net

Pakistan

Pakistan (160 juta), Ibukota Islamabad (0,9 juta), agama: Islam 97%, Hindu 1,5%, Katolik 0,5%, Kristen 1%. Bulan Agustus dan September berulang kali orang fanatik masuk ke pemukiman orang Kristen membakar rumah-rumah dan fasilitas gereja, orang Kristen dipukuli dan disirimi dengan zat asam, ada juga dibunuh, harta benda orang Kristen dirampas atau dihancurkan, termasuk fasilitas listrik, selalu dengan tuduhan bahwa orang Kristen sudah menghancurkan buku mereka tanpa ada bukti untuk itu. Mereka memakai bahan kimia yang sebenarnya hanya militer memiliki.

India

India (1,2 milyard), Ibukota Delhi (11 juta), Agama: Hindu 81%, Islam 13%, Budhis 0,8%, Sikh 1,1%, Katolik 1%, Kristen 1,5%, dll. Sesudah Indonesia negara ini memiliki dengan 160 juta orang Islam pa-ling banyak yang kedua di dunia ini. Injil diberitakan kepada mereka lewat berbagai badan P.I yang berbelaskasihan dengan mereka. Lewat literatur, kursus Alkitab tertulis, menolong mereka dalam mengembangkan desa mereka, dan dengan menanam jemaat di antara mereka. Jangan berhenti berseru kepada Bapak kita di surga, karena setiap hari ada orang Kristen yang diancam, ditahan dengan tuduhan yang dibuat-buat, diserang, dipukuli, kadang-kadang juga dibunuh, kebaktian diganggu, rumah dan toko orang Kristen dibakar, fasilitas Kristen dirusak oleh orang yang mau membebaskan India dari ke-Kristenan. Seorang pendeta di negara bagian Karnataka sudah dituduh, bahwa ia dengan paksa mentobatkan orang Hindu menjadi Kristen. Ia dipukuli oleh orang fanatik, ia bisa lari ke pos polisi dan melaporkan kejadian ini. Malam hari ia di rumah dipukuli lagi dan diusir dari desanya. Ia tidak bisa kembali. Orang Kristen memerlukan dukungan doa kita. Jangan berhenti mendoakan semua korban dari serangan di negara bagian Orissa tahun yang lalu. Mereka masih menderita dan sesudah berita di media berhenti tidak ada lagi orang yang membantu mereka. Pemerintahan tidak memperhatikan keamanan orang Kristen, pembunuh tidak ditangkap, pengungsi tetap dalam kamp pengungsi dan tidak bisa kembali ke kampung halaman, yang sudah kembali ke desa asalnya, mereka lagi dihantam oleh orang fanatik, saksi-saksi diancam, agar mereka tidak bersaksi dalam pengadilan, dari berwajib semua hal ini dibiarkan saja.

Di India ada 1635 bahasa berlainan yang dipakai oleh penduduk di negara ini. Masih ada satu tantangan luar biasa sampai semua orang mendengar Firman TUHAN dalam bahasa sendiri, paling sedikit dalam bentuk CD, karena dalam 1.200 bahasa belum ada sesuatu dari Alkitab.

Friendship Center India yang dipimpin oleh Bapak dan Ibu Pdt. J.P. Gladstone (YPPII), terlibat dalam perintisan jemaat baru di daerah kumuh di Mumbai dan di Pune http://www.friendshipcentre.org

Maladewa

Maladewa (0,3 juta) (80.000 orang asing pekerja, ini merupakan satu perempat dari penduduk negara ini). Ibukota Male, hanya agama Islam boleh, Kristen 30 orang. Pekerja asing tidak boleh membawa Alkitab, buku rohani, CD dengan isi agama, salib dalam bentuk hiasan, semua barang disita pada waktu masuk negara ini. Pemerintahan merasa diancam oleh bahan Kristen. Sebenarnya orang setempat senang membaca, tetapi tidak boleh dibawa bacaan Kristen kepada mereka.

Bangladesh

Bangladesh (160 juta), Ibukota Dhaka (11 juta), agama: Islam 87%, Hindu 12%, Animis 0,6%, Budha 0,6%, Kristen 0,3%, Katolik 0,2%. Sekolah latihan penginjilan "Christian Discipleship Centre" (CDC) sudah berdiri sekitar 30 tahun. Tahun ini 18 mahasiswa mengikuti latihan penginjilan ini. Selain pendidikan teologia di CDC, ada produksi program radio, pagi hari 15 menit, sore hari 30 menit, program-program ini juga disiarkan melalui internet. Tiga belas sekolah untuk anak-anak miskin diselenggarakan, di samping membuka dua belas kelas melek huruf buat orang dewasa di berbagai tempat di negara ini. Cukup banyak orang bertemu dengan TUHAN Yesus melalui pelayanan ini dan menjadi orang percaya. Sedang disiapkan Alkitab di atas CD dalam bahasa Bengali yang dipakai oleh agama setempat. Para alumni sebagian besar merintis jemaat-jemaat baru, pertumbuhan gereja di negara ini secara umum membuahkan hasil. Orang Kristen sering berhadapan dengan orang fanatik, khusus mereka yang berasal dari kaum Mayoritas, sering mereka harus melarikan diri dari rumah dan tempat asalnya. Berdoa agar umat Kristen tetap teguh dalam iman percayanya.

Nepal

Nepal: (24 juta), Ibu kota Kathmandu (0,6 juta), agama: Hindu 80%, Budha 10%, Islam 4,5%, Kristen 1,9% (kurang lebih 500 ribu musuh Injil berkata, sudah ada satu juta Kristen). Keluarga Raastrako Jyoti (Navigator), membina mereka yang haus akan Firman TUHAN. Mereka bisa melihat bagaimana dengan pertolongan TUHAN ada yang membuka diri terhadap Injil. Bapak Raastrako Jyoti sampai tanggal 18 Oktober berkunjung beberapa negara di Asia Tenggara. Sesudah itu ia akan kembali ke Nepal.

Kamboja

Kamboja (15 juta), Ibukota Phnom Penh (1,5 juta), agama Budha Theravada (80,8%), Budha-Mahayana (6,7%), Islam 3,7%, agama Cina (3%), orang percaya sekitar 1,36 s/d 2,95%, Katolik (0,7%), dan Animis (1,1%). Ada sekitar 3.300 jemaat lokal di Kamboja. Jemaat Tuhan masih sangat lemah imannya dan baru (mulai bebas tahun 1993) -- sekitar 15 tahun terakhir. Pendidikan para pastor dan pekerja gereja lokal di Kamboja mayoritas adalah SD kelas 1 s/d 6 saja, karena kebanyakan dari kalangan petani di desa-desa. Sekitar 95% dari mereka adalah miskin, hanya sekitar 5% pekerja gereja secara full time. Keluarga Heryanto dan Susie (Navigator), bersama tim MK menyelenggarakan satu sekolah bahasa Inggris buat orang Khmer, di samping ini mereka mengajar bahasa Khmer buat orang baru dalam negara. Kerjasama dengan KBRI dalam pengembangan Pusat Budaya Indonesia di Phnom Penh juga semakin maju. Rika (Navigator), bekerja di salah satu LSM, di samping mengajar bahasa Indonesia. Keluarga Suyatno (Navigator), bisa memberitakan Injil di Waroeng Bengawan Solo.

Laos

Laos (6,2 juta), Ibukota Vientiane (0,7 juta), Budha 58,7%, Animism 33%, tanpa agama 5,1%, Islam 1%, Katolik 1%, Kristen 1%, hanya agama Budha dan Animism diperbolehkan, semua agama lain dilarang keras. Karena orang Kristen diasingkan dan tinggal di daerah terpencil sulit memuridkan mereka, agar mereka bertumbuh dalam imam. Doakan mereka.

Vietnam

Vietnam (87 juta), Ibukota Hanoi (2,3 juta), Ho Chi Minh City (7 juta), tetap paham komunis. Agama Budha 55%, Katolik 5%, Kristen 0,8 juta. Orang Kristen di pegunungan dianiaya, tetapi tetap bertumbuh. Keluarga PM mau menjangkau suku-suku terabaikan, karena itu mereka tetap belajar bahasa V.

Pilipina

Pilipina (90 juta), Ibukota Manila (1,7 juta), agama: Katolik 83%, Islam 8%, Protestant 7,5%, dll. Keluarga Pdt. Mekkie Famdale (YPPII), memimpin GKI-P di Manila. Ibu Ria Zebua (OMF), tetap melayani di antara orang Manobo di Upper Langilan/Davao del Norte. Satu masalah: Tentara komunis lagi beraksi di wilayah Upper Langilan, karena itu pelayanan ini terganggu. Bck tetap melayani di antara SS, sesudah ia kembali dari Indonesia. Doakanlah video Kristen yang diedarkan di antara orang SS.

K.M. DOULOS mengunjungi, Pasir Gudang, Malaysia, s/d 7 Oktober 2009, Singapura 7 s/d 10 Oktober, Drydock di Singapura 13 Oktober s/d 16 November 2009, Phuket, Thailand 18 s/d 27 November 2009. Elly dari Manado dan Robert Cahyono dari Lampung (OM Indonesia) membantu dalam semua tugas di atas kapal KM. DOULOS.

Singapura

Singapura (3,1 juta), Penduduk: 77% keturunan Cina, 14% Melayu, 7% Indian. Bahasa-bahasa yang resmi: Mandarin, Inggris, Melayu, Tamil. agama: Budha dan agama Cina 52,4%, Islam 15%, Kristen 9%, Katolik 6%, Hindu 3,3%. Satu tim memperhatikan khusus mahasiswa yang berasal dari RRC. Mereka sering merasa sendirian. Mereka dapat mengikuti berbagai kegiatan dalam satu kelompok, di situ mereka juga mendengar berita hidup. Kalau mereka nanti kembali di Cina sebagai ahli dalam bidangnya mereka bisa mempengaruhi keluarganya dan kawannya dengan berita dari surga.

Malaysia

Malaysia (27,5 juta), Ibukota Kuala Lumpur (2,2 juta), agama: Islam 55%, Budha 29%, Hindu 7%, Kristen 4%, Katolik 3,5%. Tolong doakan orang Kristen di Sabah dan Serawak yang semakin berkurang terus-menerus akibat mereka yang kurang kuat imannya dengan berbagai-bagai cara dibujuk meninggalkan Tuhan Yesus dan pindah ke agama negara mereka. Semua gereja harus bersatu dan membangun jemaat-jemaat mereka supaya diberi pelajaran/pemuridan/perlengkapan tentang isi Alkitab supaya anggota gereja lebih faham dan bukan hanya datang ke gereja saja. Melindungi orang Kristen supaya mereka tetap teguh dan tidak mudah dirayu untuk pindah agama. Ada rencana perintisan di daerah Lingkabau. Doakan Keluarga Sim yang memimpin dua jemaat. Doakan program Misi gereja SIB Petaling Jaya. Sekarang gereja ini makin maju dalam misi. Tiap keluarga sudah punya box persembahan misi. Doakan gereja cabang yang baru berumur satu tahun. Keluarga Pdt. Seken Bangun di Kota Sandakan/Malaysia Timur menjangkau berbagai suku di Kota Sandakan.