Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Selatan dan Tenggara

Asia Selatan dan Tenggara


Ada gerakan doa syafaat dari "Gerakan Ethnê ke Ethnê" buat suku-suku terabaikan di Asia Selatan, khusus orang Budhis, pada bulan Agustus 07, dan khusus orang Hindu, pada bulan September 07. Info: ethne@ethne.net - www.ethne.net.

India
India (1,2 milyard), Ibukota Delhi (11 juta), Agama: Hindu 81%, Islam 13%, Budhis 0,8%, Sikh 1,1%, Katolik 1%, Kristen 1,5%, dll. Tekanan terhadap Kristen meningkat: Terus-menerus gedung gereja dirusak, malah ada dihancurkan, pendeta dibunuh, orang Kristen dipukuli, kebaktian Kristen diganggu, orang yang membagikan traktat ditahan, pengusiran dari desa tempat tinggal, ancaman. Dalam 150 hari pertama tahun 2007 terjadi 125 serangan terhadap orang Kristen, termasuk perkosaan, pembunuhan dan luka berat. Pada tanggal 29 Mei yang lalu orang Kristen demonstrasi di Dehli untuk mengingatkan pemerintahan tentang keadaan yang buruk ini. Tetapi juga terjadi muzijat-muzijat orang sakit dan lumpuh disembuhkan oleh kuasa TUHAN, orang Hindu yang menyaksikan berbalik dan percaya akan Kristus. Sasaran Rekaman Injil India mau merekam 800 bahasa lagi, agar semua orang India bisa mendengar berita Injil dalam bahasa mereka sendiri. Sedang enam perekam baru disiapkan dan dilatih untuk merekam bahasa-bahasa lain di India. Lembaga Alkitab India sudah menyiapkan satu buku dengan nats-nats dari Alkitab khusus untuk orang sakit AIDS, karena jumlah penderita AIDS meningkat. Buku ini akan diterjemahkan ke dalam lima bahasa. Dalam 6 tahun 5000 petani membunuh diri, karena kemiskian, hutang tinggi dan kurang hujan.

Doakan penginjilan dan perintisan jemaat baru di daerah-daerah kumuh oleh Friendship Center India di Mumbai dan di Pune yang dipimpin oleh Bapak & Ibu Pdt. J. & P. Gladstone, (YPPII), www.friendshipcentre.org. Ada asrama khusus untuk anak-anak yang tidak terpelihara lagi.

"Call of Hope" mempunyai 10 pusat pelayanan untuk orang fokus. Mereka menolong yang mencari kebenaran dan damai, khusus yang beragama Islam. Lewat kursus dan seminar, buku-buku, kaset, dan surat-menyurat (ratusan ribu surat) banyak orang dapat mengerti siapa Kristus dan memulai satu hidup baru. Diperlukan hikmat untuk melayani mereka semua, karena ada banyak tantangan.

Bangladesh
Bangladesh (145 juta), Ibukota Dhaka (11 juta, banyak orang tinggal di daerah kumuh), agama: Islam 87%, Hindu 12%, Animis 0,6%, Budhis 0,6%, Kristen 0,3%, Katolik 0,2%. Satu masalah yang setiap tahun muncul adalah banjir yang kebesaran, baik dari hujan lebat, dari sungai atau angin ribut dari laut. Karena itu sering terjadi longsor, orang menjadi korban jiwa yang lain kehilangan harta bendanya. Mereka semua memerlukan pertolongan. Sekolah latihan penginjilan "Christian Discipleship Centre" (CDC) sudah berdiri lebih daripada 30 tahun dan setiap tahun mahasiswa tamat dari kursus satu tahun. Tahun ini ada 30 mahasiswa dalam latihan. Sejak berdiri sudah 621 (termasuk 196 wanita) tamat dan melayani dalam merintis jemaat baru dan penggembalaan di seluruh negara. Ada beberapa yang tinggal SA, Kanada, and Inggris dan melayani orang Bangladesh di situ.

Sri Langka
Sri Langka (19 juta), Ibukota Colombo (2 juta), agama: Budhis 71%, Hindu 12%, Islam 8%, Katolik 5,5%, Kristen 1,5%. Sejak tahun 2002 sudah terjadi 160 serangan terhadap gedung gereja-gereja.

Maladewa
Maladewa (0,3 juta) Ibukota Male', hanya agama Islam boleh, Kristen (30 orang ?). Kita berdoa, meskipun kekristenan dilarang jumlah orang Kristen bertambah terus, karena orang baru bertobat.

Bhutan
Bhutan (0,8 juta), Ibukota Tumbuh (31 000), agama: 73% Budhis-Lamais aliran Bon (suku Drukpa), merupakan agama negara semua pegawai negeri wajib menganut agama ini, 22% Hindu (suku Nepal), 4% Islam, 0,46% Kristen. Tidak ada kebebasan agama dalam negara ini, hanya agama Budhis-Lamais diakui. Orang Kristen 3000+ orang, biasanya orang Nepali. Mereka mengalami banyak penderitaan. Sudah dicetak PB, kitab Mazmur dan Amsal dalam bahasa resmi Dzongkha, orang Kristen senang sekali bisa membaca sebagian Firman Bapak kita dalam bahasa mereka sendiri.

Myanmar
Myanmar (49,8 juta), Ibukota Yangoon (5 juta), agama: Budhis 83%, Kristen 6%, Katolik 1%, Islam 3,6%. Satu penerbit Kristen diancam 12 tahun penjara, andaikata ia tidak berhenti menerbitkan buku-buku Kristen. Tetapi ia tidak mau berhenti dengan kegiatan ini, karena masyarakat sangat memerlukan bacan Kristen. Di daerah Karen (sebagian orang Kristen) sering terjadi serangan dari militer, orang dibunuh, yang lain hari lari ke hutan, milik dan ladang mereka hancur.

Kamboja
Kamboja (11,4 juta), Ibukota Phnom Penh (1,5 juta), agama Budhis 85%, Animis 4,3%, Islam 3,9%, Kristen 400 ribu. Mohon berdoa juga untuk orang percaya, agar mereka bertumbuh dalam mengenal Allah dan belajar hidup kudus dari hari ke hari. Pada umumya mereka masih berintegritas rendah, karena latar belakang dan budaya/adat mereka yang masih sulit mereka tinggalkan. Beberapa di antaranya adalah berbohong, mabuk alkohol, judi, lari meninggalkan isteri dan akan-anak, poligami, penyelewengan seks, dll. Mendoakan mereka, bahwa mereka disucikan oleh darah Yesus. Pemerintah mulai melarang penginjilan di jalanan, dari rumah ke rumah dan penyebaran traktat. Karena ulah orang Mormon dan Saksi Jehovah yang sangat aktif mendatangi rumah penduduk dan paksa penduduk untuk mendengarkan mereka. Kedua gerakan sangat agresif dan menggangu penduduk. Semoga Allah memberi hikmat kepada para pemimpin Kristen, sehingga mengerti apa yang seharusnya mereka lakukan. Pemerintah tidak mengerti bahwa Mormon dan Saksi Jehovah bukan Kristen. Kel. Heryanto & Susie, Navigator, membantu orang miskin lewat satu LSM. Sudah staf dari LSM ini bertobat dan terima Yesus Kristus sesudah pergaulan dengan Bapak Hery. Sekarang ini kel. Suyatno, Navigator, dengan warung Bengawan Solo sudah pindah ke satu rumah baru, di mana ada lebih banyak tempat duduk untuk tamu. Makin banyak orang datang ke warung makan ini dan kel. Suyatno bisa berinteraksi dengan orang Kamboja. Sdr. Heru membantu dalam pelayanan di warung.

Vietnam
Vietnam (82 juta), Ibukota Hanoi (2,3 juta), kota besar Ho Chi Minh City (7 juta), tetap paham komunis. Agama Budhis 55%, Katolik 5%, Kristen 0,8 juta. Minta ampun dari TUHAN buat masyarakat Vietnam, karena sebagian besar dari mereka menyembah bahala. Masalah AIDS berkembang.

Pilipina
Pilipina (81 juta), Ibukota Manila (1,7 juta), agama: Katolik 83%, Islam 8%, Protestant 7,5%, dll. Kel. Pdt. Mekkie Famdale, YPPII, memimpin GKI-P di Manila, anggota jemaat terutama mahasiswa Indonesia yang studi di Manila. Mereka juga melayani satu jemaat lain di Manila, sekali-kali pergi mereka ke tempat orang Badjao. Ibu Ria Zebua, OMF, melayani di antara orang Manobo. Kuda mereka yang dicuri beberapa bulan lalu sudah mati di tangan maling, sekarang ini mereka mempunyai kuda baru, co-worker Ibu Ria, Bernad, dengan kuda ini bisa ke desa-desa untuk memutar film. Sekolah Alkitab Upper Langilan diadakan pada tanggal 6-11 Agustus untuk menyiapkan tenaga dalam penggembalaan di jemaat-jemaat. Pada tanggal 13-18 Agustus ada pertemuan umum. Banyak tugas persiapan untuk tim, termasuk akomendasi dan konsumsi. Bck melayani di pulau-pulau di bagian Selatan. Di antara orang Sama buku Kejadian bisa dibagikan. Orang senang mendapatnya.

Thailand
Thailand (62 juta), Ibukota Bangkok (8 juta), agama: Budhis 92%, Islam 4%, Kristen 1,6%. Minta bahwa pemerintah mau melindungi orang yang melarikan diri dari Myanmar, karena mereka dikejar oleh tentara negara sendiri. Di bagian Selatan tinggal orang Melayu yang beragama Islam. Di daerah ini Injil tetap diberitakan. Kel. Nara bersyukur kepada TUHAN karena semua perlindungan dalam perjalanan ke Bangkok untuk memperpanjang visanya. Mereka sering mendengar di rumah mereka tembak-menembak, malah peledakan bom mereka bisa mendengar. Berdoalah untuk kelanjutan memperdalam persahabatan dengan orang lokal di warung kopi, rumah-rumah, taman bermain dan di pasar yang akan menuntun kepada penaburan benih Kabar Baik. Bulan Agustus mereka akan berjalan ke berbagai tempat untuk pelayanan. Perlu perlindungan!