Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Selatan dan Tenggara

Asia Selatan dan Tenggara


Pakistan
Pakistan (150 juta), Ibukota Islamabad (0,9 juta), kota besar: Karachi (10 juta), agama: Islam 97%, Hindu 1,5%, Katolik 0,5%, Kristen 1%. Sedang dibentuk satu jaringan doa syafaat yang akan berdoa 24 jam sehari tujuh hari seminggu secara bergantian untuk negara mereka dengan suku-suku terabaikan, propinsi-propinsi, pemerintahan dan di samping pokok doa lain dari perintisan.

India
India (1,2 milyard), Ibukota Delhi (11 juta), Agama: Hindu 81%, Islam 13%, Budha 0,8%, Sikh 1,1%, Katolik 1%, Kristen 1,5%, dll. Masih ada 2900 suku terabaikan. Di berbagai negara bagian ada peraturan baru, bahwa orang Hindu tidak boleh pindah agama. Salah satu negara bagian yang sudah membuat peraturan ini adalah Rajasthan, yang melanggar diancam denda yang tinggi. Pemerintahan di situ diarahkan oleh parpol Bharatiya Janata Party (BJP). Di satu tempat kebaktian satu kelompok memukuli orang Kristen, merampas HP, uang dll, sesudah itu orang Kristen menuduh di polisi, tahu-tahu yang ditahan polisi si penginjil. Berita orang Kristen tentang serangan dan perampasan ini polisi tidak mau terima. Rekaman Injil India sudah bekerja keras selama 40 tahun, mereka sudah rekaman berita Injil dalam 450 bahasa, tetapi masih 1200 bahasa lain yang belum mempunyai rekaman dalam bahasa mereka. Rekaman Injil India minta Allah memanggil 20 perekam tambahan. Jumlah orang Kristen meningkat terus, khusus di bagian Utara. Orang DALIT terbuka terhadap Injil.

Suku Kashmiri (11 juta di Pakistan dan India), agama Islam, tinggal di Pakistan, di negara bagian Kashmir. Banyak anak menderita, karena harus bekerja keras dan tidak bersekolah. 200 orang sudah menjadi orang percaya. Orang Kristen sering mendapat ancaman, para pendeta dan orang Kristen dipukuli, gedung dirusakkan, orang Kristen diseret ke pengadilan dgn tuduhan yang dibuat-buat.

Suku Lingayat (9 juta) tinggal di negara bagian Karnataka, 26 tahun yang lalu hanya 27 orang percaya di antara suku ini. Penginjil Lingappa bersama keluarga bekerja keras untuk memberitakan Injil di 101 desa. Sekarang ini ada 3 000 orang percaya, sebagian besar baru dua tahun percaya.

Tetaplah doakan penginjilan dan perintisan jemaat baru di daerah-daerah kumuh oleh Friendship Center India di Mumbai (sudah tujuh jemaat didirikan yang bertumbuh), di Pune (sudah satu jemaat dirintis), dan di tempat lain di propinsi Maharastra yang dipimpin oleh Bapak & Ibu Pdt. J. & P, (YPPII), www.friendshipcentre.org. Di dalam panti asuhan ada 40 anak wanita.

Bangladesh
Bangladesh (140 juta), Ibukota Dhaka (11 juta, banyak orang tinggal di daerah kumuh), agama: Islam 87%, Hindu 12%, Animis 0,6%, Budha 0,6%, Kristen 0,3%, Katolik 0,2%. Atas kertas ada kebebasan agama, tetapi selalu ada tekanan terhadap orang Kristen. Jemaat Kristen tidak diakui sebagai gereja, mereka harus mendaftarkan diri sebagai yayasan saja.

Nepal
Nepal: (24 juta), Ibukota Kathmandu (0,6 juta), agama: Hindu 80%, Budha 10%, Islam 4,5%, Kristen 1,9% (l.k. 500 ribu). Doa kita dikabulkan: Ada persetujuan damai antara sekian parpol, Mao, dan pemerintah. Kita minta, agar dalam UUD baru, yang sedang disiapkan, dimasukkan kebebasan beragama. Karena tidak ada perang lagi Injil bisa lebih luas diberitakan sampai daerah-daerah yang sebelumnya tidak bisa dimasuki. Rekaman Injil sudah membagikan alat memutur kaset cerita Injil. Di satu daerah lewat cara ini 1 500 orang bertobat. Kel. S dan P, Navigator Indonesia: Kita bersyukur untuk orang Nepal yang telah dibina oleh kel. S, yang memberitakan Injil kepada yang lain yang bertobat, doakan agar petobat baru ini terus dijagai Tuhan dan bertumbuh. Kel. S tetap dalam pelayanan pembinaan orang Kristen. Mereka bekerja khusus di universitas.

Bhutan
Bhutan (0,8 juta), Ibukota Tumbuh (31 000), agama: 73% Budha-Lama aliran Bon (suku Drukpa), merupakan agama negara, 22% Hindu (suku Nepal), 4% Islam, 0,46% Kristen. Negara ini dipimpin oleh seorang raja. Tidak ada kebebasan agama dalam negara ini, hanya agama Budha-Lama diakui.

Sri Langka
Sri Langka (19 juta), Ibukota Colombo (2 juta), agama: Budha 71%, Hindu 12%, Islam 8%, Katolik 5,5%, Kristen 1,5%. Suku-suku utama: Singalese, Tamil. Yang menderita karena pemboman dan tembak-menembak antara pemberontak dan pemerintah memerlukan hiburan di tengah kesusahan.

Kamboja
Kamboja (11,4 juta), Ibukota Phnom Penh (1,5 juta), agama Budha 85%, Animis 4,3%, Islam 3,9%, Kristen 400 ribu. Doakan suku Cham yang beragama Islam yang banyak campur dengan kuasa gelap dan menyembah arwah nenek moyong. Mereka perlu dibebaskan dari ketakutan akan roh-roh ini. Pada masa kini kegiatan agama Islam meningkat di desa-desa. Masyarakat Budha biasanya memberi makanan kepada roh-roh nenek moyang mereka melalui mengirim makanan ke beberapa Wat (pagoda). Tidak cukup satu, karena untuk memperbesar kemungkinan hadirnya roh-roh itu dan menerima makanan dari sanak keluarga yang masih hidup. Kalau mereka gagal memberi makanan, maka roh-roh itu akan mengganggu keluarga yang masih hidup. Jadi mereka lakukan ibadah itu karena ketakutan. Kel. H, Navigator Indonesia, lewat satu LSM membantu orang miskin. Doakan, agar mereka sebagai pimpinan tim diberikan hikmat dan kepekaan dalam mengarahkan strategi pelayanan penjangkauan dan dalam menggembalakan anggota tim. Usaha warung kel. S, Navigator Indonesia, mengalami kemajuan pesat, sebagai wahana untuk identitas sosial dalam berinteraksi dengan orang Kamboja. Doakan agar memberkati pelayanan masyarakat yang sudah mereka mulai dengan keluarga besar penjual bunga/tanaman dan tukang ojek. Doakan Sdr. H, agar Allah memberi dia kemampuan lebih dalam adaptasi dan belajar bahasa Khmer. Agar dia lebih berani dan kreatif dalam melebur ke masyarakat Kkmer.

Vietnam
Vietnam (82 juta), Ibukota Hanoi (2,3 juta), Ho Chi Minh City (7 juta), tetap paham komunis. Agama Budha 55%, Katolik 5%, Kristen 0,8 juta. Ekonomi di negara ini sangat maju. Jumlah orang miskin berkurang betul. Satu badan P.I. ingin membuka toko-toko buku, di mana juga Alkitab dan buku-buku Kristen bisa dijual, di kota-kota Hanoi dan Ho Chi Minh City.

Pilipina
Pilipina (81 juta), Ibukota Manila (1,7 juta), agama: Katolik 83%, Islam 8%, Protestant 7,5%, dll. Program radio dalam bahasa Sama sudah direkam, masih ada masalah tehnis, karena berhubungan dengan dana yang sudah ada, agar bisa ditransfer ke stasion radio, tolong berdoa, agar problem ini dapat diatasi. Kel. M, YPPII, memimpin GKI-P di Manila. Ibu R, OMF, melayani di antara orang M. B melayani di pulau-pulau di bagian Selatan.

K.M. DOULOS akan mengunjungi dan melayani di Pasir Gudang, Malaysia (drydock, tidak ada pelayanan), s/d 13.12., Bacolod, Pilipina, 19.12.-2.1.2007 Manila, Pilipina, 4.-23.1. Cebu, Pilipina 25.1.-20.2., Batangas, Pilipina, 22.2.-6.3. E, O.M. Indonesia, sudah menyelesaikan dua tahun commitment bersama MV DOULOS pada tanggal 20.09.06. Doakan pelayanan seterusnya. M, O.M. Indonesia, ada sempat di Malaysia bicara secara leluasa dengan para pengunjung. D & E, O.M. Indonesia, akan menggabung dengan pelayanan di atas kapal ini.

Thailand
Thailand (62 juta), Ibukota Bangkok (8 juta), agama: Budha 92%, Islam 4%, Kristen 1,6%. Di negara ini ada kebebasan agama, jumlah orang Kristen bertambah, tetapi sampai kini masih sedikit saja. Kehidupan umum dikuasai oleh agama Budha. Di lima propinsi di bagian Selatan tinggal orang Melayu yang beragama Islam, sayang, ada banyak kekerasan di situ. Injil diberitakan, tetapi susah. Kel. N memerlukan banyak hikmat dalam tugas mereka, agar orang bisa mengerti Injil Yesus.

Timor Leste
Timor Leste (0,7 juta), Agama: Katolik 90%, sebagian besar penduduk menganut agama Katolik, sehari-hari mereka yakin dengan roh nenek moyang dan kuasa gelap. Kerusuhan di Dili, Ibukota, sudah mereda, tetapi ketegangan secara politik tetap menyusahkan masyarakat. Ratusan ribu orang mengungsi dan melarikan diri dari kekerasan di kota Dili, baru sebagian pulang ke rumahnya, karena mereka takut kena serangan. Doakan negara ini dan minta damai!

Malaysia
Malaysia (26 juta), Ibukota Kuala Lumpur (2,2 juta), agama: Islam 55%, Budha 29%, Hindu 7%, Kristen 4%, Katolik 3,5%. Di negara ini makin sulit untuk memberitakan Injil dengan leluasa. Untuk mereka yang sudah beragama tidak ada kebebasan untuk memikirkan kembali agama mana yang lain cocok untuk mereka. Kel. Pdt. S menjangkaui orang berasal dari Pilipina, Malaysia, dan Indonesia di Kota Sandakan. Pelayanan ini sedang berkembang pesat, jemaat mendekati 200 jiwa. Mereka semua perlu dibina. Jemaat ini berdoa buat suku bangsa di negara-negara lain. Doakan Kel. S, Kel. P tetap memperkenalkan Wycliffe kepada jemaat-jemaat setempat.