Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas Budaya
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
| negara 8
dari 46 negara

C I N A

Cina -- Kita beralih ke Cina, di mana lebih dari dua puluh orang terluka ketika polisi mencoba membubarkan aksi protes yang dilakukan ribuan orang Kristen. Mereka memprotes perusakan sebuah gereja di Provinsi Zhejiang. Jerry Dykstra dari Open Doors melaporkan bahwa tingkat kebebasan untuk memeluk agama bervariasi di setiap propinsi, namun... "Pada bulan-bulan terakhir ini ada peningkatan tajam dalam jumlah penganiayaan terhadap orang-orang Kristen di berbagai provinsi." Open Doors bekerja sama dengan gereja-gereja rumah yang ada di tepi kota. Sementara mereka mengalami penganiayaan, Dykstra berkata, "Roh Kudus sedang bergerak cepat di Cina. Pertumbuhan orang-orang Kristen sangat pesat. Terkadang, meskipun mengalami hambatan, namun justru karena hambatan itulah kami tahu bahwa Tuhan terus memberkati orang-orang Kristen di Cina. Kami berdoa agar iman mereka tetap kuat meskipun di penjara, dianiaya, dan gereja rumah ditutup."
[Sumber: Mission Network News, Agustus 2006]

Pokok Doa:

  • Terus berdoa bagi saudara-saudara kita di Cina agar iman mereka tetap kuat meskipun dipenjara, dianiaya dan gereja rumah mereka ditutup.
  • Doakan agar walaupun dalam kondisi yang tidak baik bagi pelayanan pekabaran Injil, Injil Tuhan tetap bisa tersebar di Cina. Biarlah nama Yesus dimuliakan sampai ke ujung bumi.

e-JEMMi 33/2006


Cina -- Republik Rakyat Cina berada di peringkat ke-10 dalam daftar yang dikeluarkan oleh Open Doors World Watch sebagai negara yang paling banyak menganiaya orang Kristen. Ketika berbagai laporan mulai bermunculan sehubungan dengan tindakan pemerintah terhadap gereja-gereja rumah yang tak terdaftar, Sammy Tippit Ministries telah memudahkan orang-orang percaya untuk dapat bertumbuh dalam iman mereka melalui "dunia maya". "Kami baru saja meluncurkan sebuah situs berbahasa Cina. Gereja-gereja di Cina merupakan komunitas Kristen yang pertumbuhannya paling cepat di dunia saat ini. Saat Anda menghadapi pertumbuhan yang begitu luar biasa, kebutuhan yang paling utama adalah pengajaran, beberapa pelajaran pemuridan tingkat dasar, dan bagaimana cara bertumbuh dalam Kristus. Kami juga berencana untuk menyediakan kebutuhan itu." Tippit mengatakan bahwa bahan-bahan tersebut tidak banyak tersedia di Cina dan pendistribusian melalui internet akan sangat efektif. "Ekonomi di sana sedang mengalami kemajuan yang pesat dan standar hidup orang banyak semakin meningkat. Artinya akses internet semakin banyak. Faktanya, bahasa Cina adalah bahasa kedua yang paling banyak dipakai di internet. Beberapa bahkan memperkirakan penggunaannya akan segera melampaui bahasa Inggris."
[Sumber: Mission Network News, April 2006]

Pokok Doa:

  • Puji Tuhan karena Injil saat ini dapat dibagikan kepada banyak orang di Cina lewat internet dan memudahkan orang-orang percaya di sana untuk bertumbuh dalam iman mereka.
  • Sampai saat ini, Cina masih terus di bawah pemerintahan yang berpaham komunis ateis. Pemerintah Cina juga terus menghalangi pemberitaan Injil dan pengedaran Alkitab di mana-mana. Teruslah berdoa di dalam nama Tuhan Yesus agar kuasa komunis ateis diruntuhkan.

e-JEMMi 16/2006


Sebanyak 36 orang ditahan dalam sebuah aksi untuk menghentikan pembukaan sebuah sekolah Alkitab bawah tanah yang belum terdaftar di Cina. Sebanyak 10 ribu salinan buku-buku Kristen `ilegal` disita dan tidak dikembalikan. Tindakan keras terhadap gereja yang tidak terdaftar itu tidak menghalangi niat World Bible Translation Center dari usaha mendistribusikan Alkitab dalam bahasa Cina. Anggota World Bible, Gary Bishop, mengatakan ada sekitar 100 juta orang Kristen di Cina. Karenanya, kebutuhan negara itu atas cetakan Alkitab masih sangat besar. "Jika Anda memandang ke belakang dan melihat berapa banyak Alkitab yang telah dicetak dan diedarkan di Cina serta didistribusikan ke berbagai bentuk, perkiraan terbanyak adalah bahwa mungkin sekitar 60 juta orang sudah pernah memiliki Alkitab di tangannya." Dana sekitar 1,2 juta dolar dibutuhkan untuk membantu mereka mendistribusikan 300 ribu Alkitab Praktis Baca. Bishop mengatakan bahwa hasil terbaik bisa didapat di daerah-daerah yang menerapkan otonomi luas di Cina. "Ada beberapa wilayah yang masih merupakan bagian dari Republik Rakyat Cina, namun sistem pemerintahannya diatur oleh pemerintah daerah. Karenanya, mereka lebih terbuka dan kami juga berharap dapat lebih melakukan pendekatan secara bebas."
[Sumber: Mission Network News, March 2006]

Pokok Doa:

  • Selain 36 orang di atas, masih banyak lagi saudara/i kita yang ditahan oleh pemerintah Cina oleh karena iman percaya mereka. Naikkan doa bagi mereka agar tetap teguh memegang kepercayaan mereka. Doakan umat percaya di Cina agar bisa bertahan di tengah penganiayaan. Berdoa juga agar iman mereka dapat terus bertumbuh dan semakin kokoh.
  • Mengucap syukur untuk beberapa daerah otonomi luas yang lebih terbuka bagi Injil. Berdoa supaya kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh anak-anak Tuhan yang melayani di daerah-daerah tersebut untuk membagikan Firman Allah kepada yang belum percaya.

e-JEMMi 12/2006


Perhatian internasional terhadap penindasan kepada umat Kristen di seluruh penjuru China sedang didokumentasikan. Namun, menurut China Partner Ministries (CPM), gambaran keadaan tersebut masih kurang lengkap. Tim mereka menemukan cerita yang berbeda di Hangzhou, pantai timur China. "Gereja ini akan menjadi gereja terbesar di China bila pembangunannya sudah diselesaikan. Apabila sudah lengkap, gereja umum ini akan menjadi gereja dengan fasilitas terbesar di China. Ibadah dedikasi peresmian gereja baru ini akan diadakan Mei 2005 ini." Perwakilan dari CPM mengatakan bahwa CPM telah mengadakan observasi beberapa tahun terakhir ini. Pemerintah sudah memberi izin untuk membangun gereja-gereja ini. Dalam beberapa kasus, pemerintah sebenarnya memberikan tanah secara cuma-cuma bagi gereja-gereja lokal. Kami sangat bersukacita melihat apa yang sedang Allah kerjakan di negara yang masih dijalankan oleh pemerintah komunis ini dan tampaknya sedang terlihat adanya semakin banyak pintu yang dibukakan bagi penginjilan.

[Sumber: Mission Network News, April 14th 2005]

Pokok Doa:

  • Mengucap syukur atas izin yang diperoleh dari pemerintah China untuk pembangunan gereja-gereja baru. Doakan supaya segala kebutuhan yang diperlukan untuk penyelesaian pembangunan gereja dapat dipenuhi dan doakan juga persiapan ibadah pembukaannya.
  • Doakan supaya pintu-pintu penginjilan di negeri China semakin terbuka lebar dan karya Allah secara luar biasa dinyatakan.

e-JEMMi 18/2005


Seorang wanita Kristen di China menderita sakit parah, dan tersebar berita jika dia tidak mempunyai harapan lagi untuk bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya. Meskipun demikian, Allah menempatkan kerinduan dalam hatinya untuk mengingat kembali teman-temannya yang terhilang dan belum mengenal Kristus. Wanita ini menyadari bahwa setiap kali dia mendoakan seorang teman, maka teman yang didoakannya itu pasti langsung berkunjung ke rumahnya. Satu per satu teman- temannya yang terhilang mengunjunginya dan kesempatan ini dipakai oleh wanita Kristen ini untuk menolong teman-temannya tersebut agar menerima keselamatan. Dan Allah pun menyembuhkan wanita ini! Pada saat diadakan perayaan festival musik suku-suku minoritas, wanita Kristen ini merasa cukup kuat untuk pergi ke festival tersebut dan menyanyikan sebuah lagu yang ditempatkan Allah di hatinya. Saat dia tiba di festival tersebut, banyak orang merasa terkejut ketika melihatnya karena mereka menyangka bahwa wanita Kristen ini telah meninggal karena sakit yang dideritanya! Sejak saat itu, wanita Kristen ini mulai menolong banyak orang untuk lebih mengenal Kristus.

[Sumber: Advance, Nov. 30, 2003]

Pokok Doa:

  • Pujilah Tuhan yang telah memutarbalikkan perkiraan manusia terhadap wanita Kristen ini dan melakukan perkara besar jauh melebihi yang diperkirakan manusia untuk kemuliaan Nama-Nya.
  • Bersyukur karena Allah telah menyembuhkan wanita Kristen ini dari penyakitnya dan memakai wanita ini untuk menolong banyak orang untuk mengenal Kristus.

e-JEMMi 03/2004


Alkitab sangat dibutuhkan di China seiring dengan penganiayaan yang terus berlanjut. World Help ingin menolong orang-orang Kristen yang tidak merasa yakin jika mereka bisa beribadah dengan bebas meskipun telah terdaftar sebagai jemaat resmi. Perwakilan dari World Help mengatakan bahwa di China memang terdapat banyak tekanan. "Anda mungkin tinggal di propinsi-propinsi dimana orang-orang Kristen dapat melakukan ibadah secara terang-terangan karena mendapatkan ijin dari pemerintah. Namun sebenarnya pemerintah mengabaikan mereka. Anda bisa melihat tempat-tempat lain di China dimana orang- orang Kristen ditangkap, dipukuli, dibunuh, dan bahkan rumah-rumah mereka dibakar oleh para penguasa. Hal-hal tersebut terjadi pada saat yang bersamaan." World Help sedang menggalang dana untuk menyediakan 1 juta Alkitab yang sangat dibutuhkan oleh gereja -- yang saat ini diperkirakan membutuhkan 60 - 100 juta Alkitab. "Setiap tahun, 1 - 2 juta Alkitab dicetak secara legal di China dan ada sekitar 1 juta Alkitab yang dikirim ke China. Namun tambahan jumlah ini hanya sedikit jika Anda perhatikan fakta bahwa paling banyak hanya tersedia 20 - 30 juta Alkitab di seluruh negeri." World Help hanya bisa menyediakan 75 ribu dari jumlah Alkitab yang dibutuhkan tersebut.

Sumber: Mission Network News, November 3rd 2003

  • Doakan World Help dan organisasi-organisasi misi lainnya dalam usahanya untuk menyediakan Alkitab bagi orang-orang percaya di China.
  • Berdoa agar umat percaya di China bisa bertahan di tengah penganiayaan. Doakan juga agar Alkitab yang sudah dibagikan dapat selamat dibagikan dan dimanfaatkan.

e-JEMMi 45/2003


Luas 9.573.000 km2. RRC merupakan negara terbesar ketiga di dunia, dan mempunyai gunung-gunung dan dataran tertinggi di dunia. Taiwan, Hongkong dan Makao mempunyai pemerintahan tersendiri dan tidak termasuk di sini, meskipun RRC menganggap mereka bagian dari Cina.

  -----------------------------------------------------------
  Penduduk      Jumlah          Pertumbuhan/th.   Kepadatan
  -----------------------------------------------------------
  2000       1.262.556.787           0,93%         132/km2
  2010       1.356.939.193           0,69%         142/km2
  2025       1.462.931.461           0,35%         153/km2
  -----------------------------------------------------------
Bebas buta huruf 81,5%. Bahasa resmi: Bhs. Putonghua (Mandarin Cina); bahasa lokal dipakai dalam 5 daerah otonomi. Jumlah bahasa 470. Ibukota: Beijing (Peking) dengan penduduk 12,033 juta.

JAWABAN-JAWABAN DOA
  1. Perjuangan hidup dan revival Gereja di Cina merupakan salah satu peristiwa besar yang terjadi di abad 20 ini.
  2. Jutaan pendoa syafaat yang terus mendoakan Cina dalam jangka waktu yang lama. Dampak komulatif dari 150 tahun berdoa secara global bagi Cina telah menunjukkan hasil yang luar biasa. Doa telah mengubah Cina.
  3. Para penguasa Atheis tidak menyadari bahwa mereka dapat dipakai sebagai sarana di tangan Allah untuk mempersiapkan jalan bagi pertumbuhan orang-orang Kristen. Mao Zedong berniat untuk menghancurkan semua "lembaga" keagamaan namun proses tersebut membantu dalam menghilangkan penghalang rohani bagi pertumbuhan kekristenan. Deng berkebalikan dengan Mao dan dalam membangkitkan kembali perekonomian, Deng memberikan kebebasan bagi orang-orang Kristen.
  4. Iman dan komitmen dari orang-orang Kristen di Cina menjadi bukti dari buah penganiayaan terbesar yang pernah terjadi di sepanjang sejarah Gereja.
  5. Banyak orang Kristen awam yang bersaksi karena mendapatkan tuntunan dari Roh Kudus. Kuasa-Nya seringkali dimanifestasikan melalui mujizat, penyembuhan, dan pengusiran setan. Mayoritas dari para penginjil dan perintis gereja adalah kaum wanita -- kebanyakan dari mereka masih berusia remaja. Di banyak wilayah, 70%-80% orang Kristen di Cina adalah para wanita.
  6. Semakin berkembangnya radio Kristen dan iman dari mereka yang bergerak dalam pelayanan tersebut untuk menyiarkan siaran-siaran rohani ke Cina selama bertahun-tahun. Meskipun mereka jarang menerima respon dari pelayanan yang mereka lakukan, namun bukti- bukti nyatanya kini dapat terlihat jelas.
  7. Internet menjadi sarana luar biasa yang dapat membuka jalan baik untuk kejahatan ataupun kebaikan -- menyediakan materi pengembangan kepemimpinan dan pemuridan.

PELAYANAN PENDUKUNG

Pertumbuhan Gereja yang pesat dan pengaruhnya terhadap gerakan demokrasi telah meningkatkan benturan ideologi sejak th. 1989. Partai komunis dan oknum-oknum yang menjalankannya merasa terancam oleh daya tarik kekristenan yang besar. Mereka melihat bahwa penyebab-penyebab utamanya ialah pengaruh dari orang-orang asing, baik para turis, para mahasiswa maupun para ahli, serta dampak yang luas dari acara-acara Kristen lewat radio dan video, literatur Kristen dan Alkitab. Oposisi dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan orang asing bertambah sejak th. 1989. Doakan agar keinginan akan perkembangan ekonomi dapat mengalahkan ketakutan pemerintah akan jalan pikiran yang baru, sehingga mereka tetap memberi ijin masuk kepada orang-orang Kristen.

  1. Para misionaris dan orang-orang yang berkaitan dengan kekristenan tidak diterima di Cina. Namun keinginan Cina untuk memajukan hubungan perdagangan dengan dunia luar, memungkinkan banyak orang Kristen Cina dan orang Kristen asing masuk ke Cina sebagai wisatawan, mahasiswa, tenaga Ahli, dan juga pengusaha asing.
  2. Penyediaan Alkitab sangat tidak memadai, walaupun jumlahnya terus meningkat. Pada tahun 1999, diperkirakan bahwa ada sekitar 36 juta Alkitab sudah tersebar di China. Kekurangan Alkitab banyak dijumpai di propinsi-propinsi yang letaknya jauh dari 60 pusat pendistribusian legal. Juga diperkirakan bahwa 12 juta Alkitab dan kitab Perjanjian Baru telah dibawa masuk oleh para pengunjung. Berdoa agar penambahan ini terus meningkat dan agar setiap orang Kristen bisa mendapatkan 1 Alkitab. Mengimpor Alkitab memang bukan hal yang ilegal, namun yang menjadi penghalang adalah alasan-alasan ideologis.
  3. Penyediaan tape recorder yang dapat memutar kembali (tidak merekam) kaset-kaset video dan audio makin meningkat dan telah menyebabkan kaset-kaset yang diproduksi di luar negeri, yang berisi Firman Tuhan, lagu-lagu rohani, khotbah penginjilan serta pengajaran menjadi sarana yang sangat berguna dalam menyebarkan kebenaran. Doakan semua pihak yang terlibat dalam menyediakan dan menyebarkan kaset-kaset ini.
  4. Ada suatu kebutuhan yang belum terpenuhi yaitu penyediaan buku- buku pujian, pemahaman Alkitab dan materi pengajaran, biografi serta materi apologetik, untuk menerangkan Injil kepada kaum mahasiswa dan intelektual.
  5. Radio Kristen telah dan masih tetap merupakan satu media yang paling kuat untuk pra-penginjilan dan penyampaian pengajaran Kristen di Cina pada masa kini. Hampir setiap rumah mempunyai pesawat radio dan TV, bahkan di daerah-daerah terpencil. Doakan ratusan jam siaran yang ditayangkan dalam bahasa Putonghua dan dialek-dialek Cina lainnya oleh stasiun-stasiun pemancar Kristen. Berdoa agar dampak yang disebabkan oleh siaran tersebut bisa bertahan lama. Doakan FEBC (Far East Broadcasting Company) yang menggunakan 4 jaringan di Guam untuk melayani secara simultan para pemuda Cina, pemuda Kristen, para pemimpin gereja, dan kaum minoritas.
Ringkasan dari:
1.
Judul Buku : "DOAKANLAH ASIA! Pedoman Pokok Doa untuk Negara- negara Asia";
Judul Artikel: Cina (Republik Rakyat Cina)
Penulis : Patrick Johnstone [Bagian dari Buku Asli "OPERATION WORLD, The Day-by-Day Guide to Praying For the World"; karya Patrick Johnstone, 1993] CD-ROM SABDA [Topik 18851]
2.
Judul Buku : Operation World
Judul Artikel: China (People's Republic of China)
Penulis : Patrick Johnstone dan Jason Mandryk
Penerbit : Paternoster Lifestyle, UK; dan WEC International, 2001
Situs Web : http://www.operationworld.org/

e-JEMMi 39/2003


Menurut laporan dari Committee for Investigation on Persecution of Religions di China, dalam jangka waktu antara Juni - Agustus 2003 ada 182 anggota Gereja Rumah di 24 kota ditangkap. Baru-baru ini, pada Minggu pagi pukul 04.00, para petugas Chinese Public Security Bureau (PSB) menggerebek sebuah Gereja Rumah yang sedang mengadakan persekutuan doa, di wilayah Xiao Shan City, propinsi Zhejiang. Persekutuan doa itu terhenti, banyak jemaat diserang dan tiga pemimpinnya ditangkap. Salah seorang yang ditangkap itu adalah perintis berdirinya gereja di China 25 tahun yang lalu. Saat ini, gereja mempunyai jemaat 1500 orang. Mereka ternyata terkait dengan pelayanan "The Little Flock of Watchman Nee".

Di tengah-tengah penganiayaan hebat, China telah menjadi ladang misi yang luar biasa dan diperkirakan ada sebanyak 25.000 orang China bertobat setiap harinya. Every Home for Christ memberikan kontribusi dalam proses pertumbuhan tersebut melalui pelayanan outreach yang menjangkau jutaan orang dengan Injil dan memuridkan ribuan petobat baru. Bekerja sama dengan beragam jaringan Gereja Rumah, lebih dari 65 juta buklet Injil didistribusikan dari rumah ke rumah. Kesaksian-kesaksian keselamatan tertulis dan permohonan untuk mendapatkan materi-materi pemahaman Alkitab telah dikirimkan oleh 260.000 orang lebih di China. Melihat pertumbuhan luar biasa dari gereja-gereja rumah dan adanya kenyataan bahwa hanya seperlima dari respon tertulis selamat dari sensor pemerintah. Studi Pemahaman Alkitab dari EHC dan materi-materi kepemimpinan juga sedang dibagikan ke jaringan Gereja Rumah agar dapat membantu dalam memuridkan orang-orang percaya dan melatih para pemimpin. Outreach untuk tahun 2003 sedang dilakukan dengan target mendistribusikan 4 juta buklet lagi.

Sumber: Assist News Service (August 7, 2003)

  • Doakan untuk para pemimpin Gereja Rumah dan orang-orang Kristen di China yang saat ini dipenjara. Doakan agar Allah memberikan kekuatan kepada mereka untuk terus bertahan dalam iman.
  • Berdoa supaya gereja-Gereja Rumah di China bisa terus berkembang di tengah-tengah penganiayaan yang mereka alami.
  • Doakan EHC dan organisasi-organisasi Kristen lain yang saat ini sedang melayani di China agar Allah memberikan hikmat untuk menemukan sarana-sarana yang tepat dan aman untuk dipakai bagi PI.

e-JEMMi 33/2003


"Kampanye Doa 7 Tahun bagi Cina" dimulai pada bulan Juni 2002 dan akan berakhir pada bulan Juni 2009. Organisasi Open Doors menyediakan buku panduan doa tentang "Kampanye Doa 7 Tahun bagi China". Bagi Anda yang berminat untuk mengambil bagian dalam kampanye doa bagi China dan bersama-sama mendukung dalam doa, dapat memperoleh buku/leaflet panduannya. Untuk itu silakan mengajukan permohonan dengan menghubungi Open Doors melalui email di alamat:
==> < opendoor@indosat.net.id >

Marilah kita dukung kampanye ini melalui doa-doa kita. Berikut adalah daftar Doa untuk hari Senin sampai Minggu untuk mendukung Kampanye Doa 7 Tahun Bagi China:

SENIN -- Doakanlah semua jiwa baru yang bertobat dan menerima Kristus tiap hari. Sebagian besar gerakan gereja rumah dibanjiri oleh orang-orang baru yang mencari Kristus. Jiwa-jiwa yang baru bertobat pun harus siap untuk memuridkan para petobat baru. Hal ini bisa sangat berbahaya, karena bisa menimbulkan ajaran sesat, tetapi gereja-gereja tidak punya pilihan lain.

SELASA -- Doakanlah para pemimpin Gereja Tuhan di China, supaya mereka memiliki moral yang bersih dalam berhubungan dengan pekerja- pekerja mereka dan jangan tergoda untuk memanfaatkan kedudukan mereka. Hal ini lebih-lebih lagi penting pada masa ini ketika pemerintah mengadakan kampanye untuk memberantas agama-agama dan aliran-aliran sesat. Sebab apabila seorang pemimpin jatuh di bidang moral, bisa saja seluruh kelompok yang dipimpinnya langsung dicap sebagai aliran sesat.

RABU -- "Di sinilah letak kekuatan dari penderitaan yang harus kita alami ... kita harus memastikan bahwa kita mendengar suara Tuhan di saat-saat mengalami penderitaan yang sulit kita mengerti. Jika kita hanya mendengar suara hati sendiri atau suara orang lain, kita tidak mengalami kesembuhan atau pemulihan. Kebangkitan rohani tidak hanya berdasarkan orang-orang yang mengalami penderitaan, tetapi berdasarkan orang-orang yang menemukan kuasa Allah di tengah penderitaan mereka." Berdoalah agar orang-orang yang jadi pengikut Kristus benar-benar berani, agar mereka bisa mendengar suara Tuhan di saat-saat kepedihan penderitaan mereka, dan agar mereka berani untuk bersaksi.

KAMIS -- "Kita tidak mau sekadar menjadi persekutuan yang kudus, tetapi tidak tahu-menahu mengenai hal-hal yang dibutuhkan oleh China. kita harus dapat menghadapi berbagai tantangan sosial yang besar yang dihadapi oleh negara China hari-hari ini." Berdoalah agar Gereja Tuhan menghadapi tantangan dengan memberikan pelayanan kepada warga yang kurang dipedulikan oleh masyarakat, walaupun pemerintah sebenarnya kurang suka apabila Gereja memberikan bantuan pelayanan seperti itu.

JUM'AT -- "Berdoalah agar kami tetap berani meminta kuasa kesembuhan Kristus."

SABTU -- "Kita harus benar-benar waspada terhadap guru-guru yang palsu. Banyak sekali yang datang dari pedalaman dan siap untuk menyesatkan jiwa-jiwa baru. Ada yang bahkan berusaha mengggoda dan membujuk para pemimpin, baik yang pria maupun yang wanita, agar turut menyebarluaskan pengajaran mereka. Inilah ancaman terbesar dari kebangunan rohani kita sekarang. Kita harus memastikan agar jiwa-jiwa yang baru bertobat mendapatkan pengajaran yang benar dan sehat dan dilindungi terhadap serigala-serigala ini."

MINGGU -- "Meskipun kadang-kadang timbul kesan seakan-akan kejahatan memperoleh kemenangan, sesungguhnya Yesus sedang bekerja melalui situasi itu supaya kehendak-Nya terjadi. Selama bertahun-tahun kami menangis dan menjerit kepada Tuhan, karena kami mengira Ia telah meninggalkan kita seperti pada zaman Ketua Mao. Ternyata Ia justru mendatangkan kebangunan rohani lewat semua penderitaan yang kita alami waktu itu. Sekarang pun banyak yang menjerit kepada Tuhan karena mengira Tuhan telah meninggalkan kita, dilihat dari segala pengaruh materialisme yang begitu berkembang. Tetapi di tengah- tengah hal itu sekalipun, kita dapat percaya kepada Tuhan, bahwa Ia akan tetap melakukan kehendak-Nya. Berdoalah agar iman kita tetap kuat di tengah- tengah semua pergumulan kita."

[Sumber: Buletin Doa "Pintu-pintu Terbuka", Edisi Juni - Juli 2003]

e-JEMMi 26/2003


Seorang wanita muda di Cina tergetar dan bersukacita saat seorang temannya yang beragama Kristen memberinya sebuah Alkitab kepadanya. Itu pertama kali sepanjang hidupnya, wanita ini bisa memegang Alkitab. Dengan perlahan dia bertanya, "Kapan saya mengembalikannya kepadamu?" Air mata mengalir di pipinya ketika temannya menjawab, "Alkitab ini milikmu. Kamu tidak perlu mengembalikannya lagi padaku."

Sumber: Advance, March 23, 2003

  • Doakan proses produksi dan distribusi Alkitab bagi orang-orang Kristen di Cina yang rindu untuk membaca dan memiliki Alkitab.
  • Berdoa juga bagi pelayanan penginjilan di Cina baik bagi para pekerjanya maupun mereka yang mendengar berita penginjilan tersebut.
  • Di Indonesia, doakan Lembaga Alkitab Indonesia sebagai lembaga yang mencetak dan mendistribusikan Alkitab di seluruh wilayah Indonesia.

e-JEMMi 20/2003


  • Berdoa bagi jajaran kepemimpinan baru pemerintah RRC yang diangkat bulan Maret yang lalu, agar dapat lebih terbuka bagi kekristenan. Doakan agar mereka bisa melihat bahwa kekristenan tidak anti pemerintahan, tetapi justru bisa membawa berkat bagi negara ini.
  • Doakan keselamatan dalam mengantarkan Alkitab dan literatur ke berbagai lokasi yang berbeda, mengingat bahwa kebanyakan propinsi di Cina makin memperketat pengawasan dan melakukan pemeriksaan di tempat-tempat tertentu.
  • Doakan misi penjangkauan keluar yang diprakarsai oleh gereja-gereja setempat. Salah satu jaringan (gereja rumah) mengirimkan tiga pasang suami-istri dalam setahun untuk menjadi misionaris. Doakan keselamatan para misionaris ini. Berdoa agar pelayanan mereka bisa berbuah untuk merintis gereja baru dan menghasilkan pemimpin yang matang.

Sumber: Buletin Doa "Pintu-pintu Terbuka", Edisi April - Mei 2003, Vol.6, No.2

e-JEMMi 17/2003


Seorang pemimpin Kristen di Cina, yang mendirikan sekolah Alkitab dengan bantuan Christian Aid Mission pada tahun 1994, menceritakan tentang pengaruh sekolah tersebut baik di antara pelatih maupun bagi masyarakat sekitarnya. Sekolah dan gedung gereja -- yang dibangun dalam waktu 52 hari -- telah menjadi model bagi pelatihan alkitabiah di negara tersebut. Menggunakan sekolah ini sebagai contoh, para peserta pelatihan telah memulai 30 pusat pelatihan Alkitab. Dalam kurun waktu 7 tahun, ribuan orang Kristen telah dilatih dalam kepemimpinan. Mereka dipersiapkan untuk mengelola 6.000 gereja yang ada. "Pengaruh dari sekolah-sekolah Alkitab sungguh luar biasa," kata seorang pemimpin.

"Jumlah dan pengaruh sekte dan ajaran sesat telah berkurang.... meningkatnya hubungan antara gereja-gereja bawah tanah yang tidak terdaftar dengan gereja-gereja yang secara resmi terdaftar dalam pemerintahan.... semakin matangnya pertumbuhan kehidupan rohani para jemaatnya.... dan pendirian sekolah-sekolah Alkitab, telah mengembangkan tingkat pengajaran mereka. Sekolah tersebut juga mengirimkan para guru untuk melatih para murid di tempat-tempat lain."
Pemimpin tersebut juga menambahkan bahwa sementara para umat percaya
"masih menghadapi banyak tekanan dan kekerasan serta kesulitan, namun hati mereka telah tergerak oleh dukungan doa dan semangat dari semua umat Kristen di segenap penjuru dunia."

Sumber: What in The World ... is God Doing? Dec 31st, 2002

  • Bersyukur atas perkembangan kekristenan di Cina dan dampak luar biasa yang diberikan oleh para peserta pelatihan Alkitab.
  • Berdoa supaya para peserta pelatihan dapat terus memberikan pemuridan bagi orang-orang yang lain serta memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat sekelilingnya.

e-JEMMi 02/2003


Ratusan mahasiswa Kristen dibutuhkan untuk men-sharing-kan tentang kasih Kristus di setiap lokasi yang ada di China pada saat Natal ini. Melalui aktivitas-aktivitas kreatif yang berorientasikan pada kekristenan dan juga sharing antar pribadi, para mahasiswa ini akan dapat menjangkau orang-orang yang kemungkinan selama hidup mereka belum pernah merasakan kasih Allah.

Sumber: Advance, Oct. 21, 2002

  • Doakan agar pelayanan ini bisa menjangkau lebih banyak penduduk China sehingga mereka bisa merasakan kasih Allah.
  • Berdoa untuk banyak mahasiswa yang aktif/terpanggil untuk terlibat dalam pelayanan penginjilan tersebut dan supaya ini juga menjadi berkat tersendiri bagi mereka.

e-JEMMi 51/2002


Eliah Dong adalah seorang pekerja Bible League yang telah menjalani pelatihan, di Cina. Eliah tahu bahwa iman tanpa dasar yang kuat di dalam Firman Tuhan dan tanpa dibina oleh gereja lokal adalah sama seperti biji yang tumbuh di tanah berbatu. Akar yang kuat tidak bisa bertumbuh, dan tumbuhan tidak akan bertahan lama. Kunjungan Eliah ke gereja di desanya yang padat dihadiri jemaat semakin memperkuat keyakinan Eliah akan pentingnya penginjilan dan pemuridan. Ia juga semakin bersyukur akan Alkitab dan pelatihan yang telah diterimanya dari Bible League. Eliah mengingat kembali apa yang terjadi di gereja tersebut: "Seorang pemuda berdiri untuk membaca dari kitab Kejadian 22:1-19. Kemudian seorang kakek, yang berumur 70-an, membacakan sebuah buku tanpa memberikan penjelasan apapun. Setelah itu berakhirlah kebaktian." Dalam perjalanan pulang, saya bertanya kepada beberapa orang jemaat apakah mereka memahami apa yang dibacakan. Mereka menjawab, "Sebagian kami mengerti, sebagian tidak." Dalam hati saya berdoa, "Tuhan, tolong saya untuk bisa mendekati gereja ini sama seperti Filipus bisa berada dekat dengan sida-sida dari Etiopia. Oh, saya rindu sekali untuk bisa menolong orang-orang ini." Sebagai buah dari kerinduannya, Eliah saat ini sudah mendirikan tiga tempat pertemuan dimana sekitar 45 orang berkumpul secara berkala untuk belajar Alkitab dan bersekutu bersama.

Sumber: Bible League Report Newsletter, edisi Spring 2002.

  • Bersyukur visi yang Tuhan berikan kepada Eliah Dong sehingga ia dapat melihat pentingnya penginjilan dan pemuridan bagi penduduk Cina dimana ia ditempatkan Tuhan.
  • Doakan untuk gereja-gereja di Cina. Kiranya Tuhan boleh membuka ladang-Nya dan menanamkan kebenaran di sana melalui orang-orang yang dipanggil-Nya.
  • Sekitar 45 juta orang Kristen di Cina tidak mempunyai Alkitab. Jika Anda tergerak untuk membantu, silakan hubungi Bible League di alamat: http://www.bibleleague.com

e-JEMMi 43/2002


"Seorang dari pekerja kami membawa beberapa Alkitab ke sebuah gereja rumah yang ada di Cina Tengah, dan memberikannya kepada dua orang petobat baru, Lily dan Zhang." demikian laporan dari perwakilan Open Doors. Sekitar dua tahun kemudian, seorang pekerja lainnya dari Open Doors melayani di kota dimana Lily dan Zhang tinggal. Pekerja ini bertemu Lily dan Zhang; dan dia ingin mengetahui apa yang dikerjakan dua bersaudara itu sejak mereka menerima Kristus sebagai Juruselamat. Dengan malu-malu dan wajah merona dua gadis ini menundukkan kepala mereka seolah-olah mereka menghadapi sebuah ujian. "Kami merintis gereja," jawab dua gadis itu. "Berapa jumlahnya?" Dua gadis itu saling memandang dan berkata: "Hanya 29 gereja." Terpana dengan jawaban itu, pekerja itu menanyakan jumlah jemaat gereja yang ada. "Di gereja yang terkecil, hanya ada sekitar 300 jemaat yang mengikuti persekutuan doa, dan di gereja yang terbesar tidak lebih dari 5.000 jemaat yang mengikuti persekutuan doa." jelas mereka dengan rendah hati. "Laporan seperti itu tampaknya sulit dipercaya, namun dalam Open Doors sering mendengar laporan-laporan seperti itu."

Sumber: FridayFax, July 19, 2002

  • Naikkan syukur untuk berdirinya beberapa gereja perumahan dan ribuan jemaat yang terus bertambah di Cina. Berdoa untuk para petobat baru agar menjadi saksi-saksi Kristus dan perintis gereja yang efektif seperti Lily dan Zhang.
  • Doakan pelayanan Open Doors di Cina agar dapat melakukan proses follow-up bagi para petobat baru dan juga gereja-gereja baru yang dirintis.

e-JEMMi 35/2002


Laporan terbaru mengindikasikan bahwa semua pemimpin dari China Gospel Fellowship [sekitar 30 pemimpin gereja] yang diculik pada tanggal 19 April lalu oleh Eastern Lightning cult telah dibebaskan. "Saat mengingat bagaimana kelompok ini memperlakukan orang-orang Kristen yang diculiknya, sungguh merupakan mujizat saat melihat mereka semua dibebaskan dan masih hidup." demikian isi email dari Christian Solidarity Worldwide. Mereka sangat berterima kasih kepada semua umat Kristen di seluruh dunia yang telah mendoakan mereka. "Terima kasih atas keterbebanan dan komitmen terhadap situasi yang mereka alami. Kami bersyukur kepada Allah yang telah mendengar doa-doa kami dan bekerja secara luar biasa. Kami sangat berterima kasih jika anda dapat melanjutkan untuk mendoakan mereka. Siksaan yang mereka terima masih terbayang dan mereka saat ini sedang dalam pemulihan kondisi fisik, emosi, dan rohani."

Sumber: Mission Network News, June 18, 2002

  • Doakan proses pemulihan bagi para pemimpin gereja korban penculikan agar Allah membalut luka hati dan menyembuhkan trauma yang mereka alami saat dalam tahanan para penculik.
  • Berdoa agar peristiwa ini menambah semangat para pendeta dan jemaat gereja-gereja di Cina untuk terus bertumbuh dan bersaksi bagi orang-orang yang membenci Kristus.

e-JEMMi 29/2002


Sedikitnya 200.000 anak-anak -- dan kemungkinan mencapai 500.000 anak -- dipaksa untuk hidup di jalanan kota-kota seperti di kota Baoji di propinsi Shaanxi karena keluarga mereka tidak dapat atau tidak mampu lagi merawat mereka. Meskipun kehidupan di jalan-jalan Baoji sangatlah kejam, ada beberapa anak jalanan mendapat kesempatan untuk menerima pendidikan dan dapat tidur di tempat tidur hangat yang diberikan oleh "Health Happiness Center" -- tempat penampungan lokal yang dibuka bulan Desember 1998 oleh Doctors Without Borders dan pengusaha wanita setempat. Tempat penampungan ini menampung lebih dari 50 anak, dan juga menyediakan baju, makanan (3 kali sehari), serta pendidikan dasar. Anak-anak yang lebih tua mengikuti sekolah- sekolah kejuruan dimana mereka dapat mempelajari keahlian- keahlian yang memampukan mereka untuk mandiri dan untuk memasuki dunia kerja.

Sumber: Advance: Jan. 4, 2002

  • Bersyukur kepada Allah yang telah menghadirkan organisasi "Health Happiness Center" di China. Berdoa agar melalui organisasi ini banyak organisasi Kristen lainnya yang tergerak untuk menolong anak-anak jalanan di China.
  • Doakan supaya anak-anak jalanan di China mempunyai kesempatan untuk mendengar kasih Yesus dan mau membuka hati mereka kepada-Nya.
  • Berdoa juga bagi anak-anak jalanan di Indonesia yang semakin bertambah jumlahnya supaya mereka juga punya kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
  • Doakan agar Allah memperlengkapi dan memberkati organisasi- organisasi Kristen di Indonesia yang pelayanannya ditujukan bagi anak-anak jalanan tersebut.

e-JEMMi 24/2002


Satu tim pengunjung yang tiba di sebuah komunitas di China segera menyadari bahwa bila mereka men-sharing-kan Injil secara terbuka maka mereka akan segera didepak dari kota tersebut. Mereka lalu memasuki sebuah rumah makan dan disambut oleh pemiliknya yang langsung memandang mata mereka sambil berkata, "Mengapa kalian datang?" Pemimpin kelompok itu memberikan jawaban langsung yang mengagetkan: "Kami datang untuk menceritakan tentang Yesus kepada anda." Respon yang diberikan si pemilik rumah makan sungguh mengejutkan. Wanita pemilik rumah makan itu menjelaskan bahwa dia telah lama memikirkan tentang kebutuhannya akan Allah. Maka pada sore itu, tim itu segera memutar Film Yesus di rumah makan tersebut yang disaksikan oleh si wanita pemiliki rumah makan, keluarganya dan juga teman-temannya. Dengan air mata berlinang, pemilik rumah makan itu menyatakan di depan umum bahwa dia telah membuka hati dan menyerahkan hidupnya kepada Kristus.

Sumber: Advance, April 25, 2002


  • Naikkan syukur kepada Allah yang telah menuntun tim itu untuk menemui banyak hati yang telah disiapkan-Nya untuk mendengar berita Injil.
  • Berdoa dan minta kepada Allah untuk mematangkan iman petobat baru tersebut dan menggunakan pengaruh yang dimilikinya untuk memenangkan orang lain kepada Kristus.
  • Doakan untuk tim-tim pelayanan pemutaran Film Yesus yang saat ini sedang melaksanakan tugasnya di berbagai tempat. Kunjungi situs berikut ini untuk memperoleh informasi lebih lengkap:
    ==> http://www.jesusfilm.org/
    ==> http://www.jesusfilm.org/languages/
    ==> http://www.greatcom.org/indonesian/jesusfil.htm (versi Ind.)

    e-JEMMi 21/2002


    DRM sedang mengingatkan tentang perintisan penginjilan pertama di China sejak tahun 1805. Menurut DRM, sejak saat Robert Morisson (misionaris Kristen pertama ke negara China), gereja telah tumbuh dengan subur meskipun mendapat tekanan dari pemerintah dan rezim komunis. Sekarang dapat dipercaya bahwa pertumbuhan jumlah orang Kristen di China, dengan mengabaikan larangan pemerintah untuk menyebarkan gerakan penginjilan ini, rata-rata mencapai 32.000 petobat baru setiap harinya. Lebih jauh lagi, orang-orang Kristen China mulai membicarakan tentang pelayanan outreach mereka yang merambah jauh ke wilayah timur, mulai dari China sampai ke Asia Tengah. WOW!! DRM mendorong orang Kristen (Red: termasuk pembaca e-JEMMi) untuk mengingat pertumbuhan gereja China, dan belajar dari pengalaman mereka.

    Sumber: Mission Network News, April 9th, 2002

    • Berdoa agar kesatuan orang-orang Kristen di China. Kiranya Tuhan menjaga mereka dari perpecahan atau penyusupan akan ajaran-ajaran sesat.
    • Doakan perlindungan bagi orang-orang di Cina karena banyak tantangan yang mereka hadapi dan berdoa agar mereka juga mempunyai kesempatan untuk menjangkau wilayah Asia Tengah.

    e-JEMMi 17/2002


    Kepolisian RRC menargetkan 2002 untuk memberantas semua "aliran sesat". Sedihnya, gerakan gereja rumah juga dicap sesat, dan dengan demikian polisi dapat seenaknya menghukum para pemimpin gereja, menangkapi dan menganiaya anggota jemaat, dan menjatuhkan hukuman penjara berat atas penginjil-penginjil terkenal. Berdoalah agar kampanye polisi ini dihentikan. Berdoa bagi semua pihak di tingkat diplomatik yang berusaha mendesak pemerintah China untuk jangan menekan kelompok-kelompok Kristen demikian. (1 April)

    e-JEMMi 15/2002


    Pertumbuhan gereja-gereja Kristen di China -- kebanyakan diantaranya adalah gereja-gereja di bawah tanah -- yang terus berlangsung berkaitan erat dengan tiga keyakinan yang tersebar secara luas diantara orang-orang China Kristen. Penduduk China suka dengan tiga kata terkait "good, better, best" dan dengan demikian tiga motto mereka adalah:

    1. It is =good= for a Christian to lead someone to Christ (Akan BAIK bagi seorang Kristen untuk mengenalkan seseorang kepada Kristus);
    2. It is =better= to plant a church (Akan LEBIH BAIK untuk merintis gereja);
    3. It is =best= to plant a church-planting movement (Akan PALING BAIK untuk merintis suatu gerakan perintisan gereja).
    Orang-orang India juga memiliki tiga keyakinan yang hampir sama, yaitu:
    1. Every Christian can plant a church (Setiap orang Kristen dapat merintis sebuah gereja);
    2. Every house can become a church (Setiap rumah dapat menjadi sebuah gereja);
    3. Every church can become a Bible school (Setiap gereja dapat menjadi sebuah sekolah Alkitab).
    Sumber: What In The World ... is God Doing? December 2001
    • Bersyukur atas pertumbuhan gereja yang terjadi di China.
    • Berdoa agar gereja-gereja tersebut dapat menjangkau lebih banyak lagi penduduk China untuk Kerajaan Allah.

    e-JEMMi 01/2002


    Orang-orang Kristen di China telah mengalami banyak siksaan dalam tahun-tahun akhir ini. Mr. Wang Daojun , seorang penginjil, telah ditangkap di Jiangsu dan dihukum selama 18 bulan penjara. Bersama dengan para tahanan lain (yang juga merupakan anggota dari pergerakan gereja), mereka dipaksa untuk makan "sup" yang terdiri dari campuran urin, tinja, dan bubuk deterjen. Siksaan dan penghinaan merupakan makanan sehari-hari. Banyak diantara mereka meninggal dalam penjara tersebut.

    Sumber : Prayer Track Vol. 6 No. 3 Juli-Sept 1997

    e-JEMMi 03/2000


    Seorang polisi di Cina memukuli seorang wanita yang telah ditangkap karena mengabarkan Injil. Proses pemukulan tersebut terganggu oleh telepon penting yang mengabarkan bahwa ibu dari polisi tersebut ditabrak mobil. Di rumah sakit, ibunya memarahi dia karena penyiksaan yang dilakukannya terhadap orang-orang Kristen. Ibunya juga mengatakan bahwa dia (ibunya) telah menjadi Kristen saat mudanya dan penganiayaan terhadap orang-orang Kristen yang dilakukan oleh anaknya tersebut mengakibatkan dia (ibunya) mendapat kecelakaan. Polisi itu mengabaikan nasihat ibunya dan kembali meneruskan penyiksaan kepada orang-orang percaya. Suatu hari interogasinya diganggu lagi dengan telepon yang mengabarkan bahwa kakaknya terluka akibat ledakan petasan. Kakaknya juga menyalahkan dia karena perbuatan-perbuatan kejamnya atas orang-orang Kristen. Kemudian, polisi itu kembali ke kantornya dan pergi ke sel wanita Kristen yang telah disiksanya dan meminta maaf kepadanya. Dia mengajak wanita itu ke rumahnya supaya dia mau mendoakan keluarga polisi tersebut. Semua milik wanita itu (Alkitab, literatur dan uang) yang telah disita juga dikembalikan. Muliakanlah Allah yang telah menyatakan diriNya lebih berkuasa dari si penyiksa anak-anak Allah ini. Minta kepada Allah supaya Dia juga memakai polisi tersebut untuk mengabarkan keselamatan kepada petugas- petugas lain di kota tersebut.

    Sumber : Advance Newsletter 22 September 1999.

    e-JEMMi 02/2000


    Ketika seorang pendeta dari Cina ditanya mengenai pokok doa untuk negaranya, ia menjawab "Mohon jangan berdoa agar penganiayaan di negara kami berhenti, melainkan berdoalah agar kami memiliki kekuatan untuk menanggungnya. Penganiayaan membuat Yesus lebih diminati oleh non-Kristen dan membuat orang percaya lebih tangguh dalam iman mereka. Mohon berdoa juga agar Tuhan memberkati visi kami untuk membawa 40.000.000 orang datang kepada Kristus dari tanggal 1 Desember 1999 sampai 30 Januari 2000. Selama dua bulan ini, kami meminta setiap orang percaya di Cina untuk membawa tiga jiwa kepada Yesus dan setiap pemimpin Kristen untuk membawa 5 jiwa.

    Sumber: CMDNet Weekly - Edisi 14 November 1999

    e-JEMMi 01/2000


    Kebanyakan gereja-gereja di Cina mengambil bentuk gereja perumahan (house church) dan bukan pos gereja kecil (cell church). Menurut data yang pasti, kini terdapat beberapa jaringan gereja perumahan yang berskala nasional di Cina. Secara keseluruhan, jaringan gereja- gereja tersebut mewakili sekitar 50 juta orang Kristen dan selain itu juga mewakili beberapa gerakan gereja perumahan yang berskala kecil atau kedaerahan yang terdiri dari 25-30 juta orang Kristen. Jumlah ini belum termasuk gereja-gereja resmi dan terdaftar yang beranggotakan antara 10-15 juta orang. Gereja perumahan memiliki pesat pertumbuhan yang sangat luar biasa sekali. Sebuah gerakan gereja perumahan yang dimulai 8 tahun yang lalu dengan anggota kurang dari 100 orang, dalam waktu 5 tahun telah berkembang menjadi 55.000 orang, dan dalam waktu 3 tahun terakhir ini diperkirakan telah mencapai 250.000 orang. Jumlah gereja perumahan di Cina berlipat ganda dalam waktu 6 bulan.

    Sumber: FridayFax - Edisi 26.11.1999

    e-JEMMi 01/2000


    Gereja China mendapatkan dorongan dari sebuah pelayanan radio Kristen. Selama hampir 10 tahun, Trans World Radio telah menyediakan radio dan bahan-bahan pelajaran bagi gereja-gereja rumah di China. Sampai saat ini, lebih dari 56.000 bahan "Radio Church Kits" telah didistribusikan. Perwakilan dari TWR mengatakan bahwa masih banyak lagi orang yang membutuhkan radio church kits. "Banyak petobat baru yang telah bertumbuh dan mempunyai kerinduan untuk semakin mengenal Allah. Mereka berani memberitakan Injil meskipun belum mendapat pengajaran tentang Allah." Sehubungan dengan terbatasnya jumlah seminari dan tidak adanya radio/televisi Kristen di China, maka gelombang pendek radio akan memegang peran utama dalam membantu gereja lokal di China untuk memuridkan umat percaya. "Merupakan hal ilegal untuk mempunyai program Kristen yang disiarkan melalui stasiun televisi atau radio lokal. Jadi satu-satunya media massa yang bisa ditembus untuk belajar Alkitab bersama atau untuk mendengarkan Firman Allah hanyalah melalui radio gelombang pendek."
    Sumber : Mission Network News, May 25th 2004

    Pokok Doa:
    • Bersyukur untuk radio gelombang pendek yang bisa dipakai sebagai sarana untuk memberitakan Injil kepada penduduk China. Doakan supaya sarana radio ini bisa menjangkau jiwa-jiwa baru dan menumbuhkan iman percaya mereka yang mendengarnya.
    • Berdoa untuk para pekerja yang mempersiapkan program Kristen yang akan dipancarkan melalui radio gelombang pendek. Berdoa supaya Allah memberikan mereka hikmat dan keberanian dalam berkarya sehingga kekayaan berita Injil bisa diterima oleh setiap orang yang mendengarnya.

    e-JEMMi 23/2004


    e-JEMMi 24/2004

    Gelombang penganiayaan terbaru yang melanda banyak gereja rumah di China, dilakukan oleh Pemerintah China sejak Januari 2004, yaitu pada saat DVD "The Cross, Jesus in China" mulai beredar di sana. "Banyak pemimpin gereja rumah, baru-baru ini dipenjara dan mendapatkan hukuman sampai tiga tahun penjara", demikian laporan dari agen misi Open Doors. Zhong, yang berasal dari China tengah, mengatakan bahwa pertama kali, dia dipenjara selama 33 hari: "Semua pemimpin gereja rumah kami ditahan dengan paksa oleh Kepolisian Nasional setempat, pada saat kami sedang melatih mereka. Di penjara, kepala kami dicukur sampai botak dan kami diinterogasi selama berhari-hari. Mereka mengatakan kepada kami bahwa para narapidana yang tinggal seruangan dengan kami sedang menunggu kesempatan untuk memukul kami, saat kami dimasukkan ke dalam sel. Sejak dulu sampai sekarang, sudah menjadi kebiasaan bahwa setiap tahanan baru selalu dipukuli oleh para narapidana yang tinggal seruangan dengannya. Saya masuk ke dalam sel dengan gemetar karena takut. Pemandangan di ruangan itu sangat mengerikan -- 16 narapidana berdiri berjajar dalam dua baris, dengan tangan mengepal yang siap untuk memukul. Jantung saya berdebar-debar, dan saya berdoa agar pertolongan segera datang. Tiba-tiba, pemimpin di sel itu bertanya, "Mengapa kamu ada di sini?" "Karena saya orang Kristen," jawab saya dengan takut sambil berpikir pukulan pertama akan melayang. "Kamu tidak memukul orang?" tanyanya. "Tidak," jawab saya. Pertanyaan selanjutnya mengejutkan saya, "Kamu bisa menyanyi?" "Ya," jawab saya sambil terheran-heran mengapa ia bertanya seperti itu. Pemimpin tahanan itu menyuruh saya menyanyi. Lagu "Aku Berikan Diriku bagai Sebutir Biji" muncul dalam benak saya, lalu saya nyanyikan lagu itu. Kata-katanya adalah: "Siapa yang tidak memiliki kakak atau adik? Siapa yang tidak memiliki istri dan anak? Siapa yang tidak ingin hidup bersama keluarganya? Siapa yang tidak ingin berada di antara saudara- saudaranya? Tetapi jika Tuhan memanggilku untuk memanggul salib-Nya, aku akan meninggalkan mereka semua, dan mengutamakan Dia."

    Airmata menetes di pipi saya ketika saya menyanyikan lagu itu. Roh Kudus hadir di tengah-tengah kami, kemudian separuh dari narapidana di ruangan itu juga menangis ketika saya menyelesaikan lagu itu. Pimpinan itu maju ke depan dan menepuk pundak saya. Lalu dia meminta saya untuk membacakan Alkitab bagi mereka. Mereka ingin mendengarkannya setiap hari. Pada suatu hari, saat kami menyanyikan lagu itu lagi, seorang penjaga datang untuk bertanya apa yang sedang kami lakukan, dan siapa yang bertanggung jawab. Saya berdiri, dan saya dihukum. Saya disuruh melepas semua pakaian dan berdiri menghadap tembok dengan posisi yang sangat tidak nyaman. Pemimpin narapidana di ruangan itu berdiri dan minta untuk dihukum juga. Narapidana lainnya juga berdiri dan minta hukuman yang sama. Penjaga penjara itu menjadi sangat marah dan keluar dari ruangan. Salah satu teman seruangan saya pada hari itu juga menjadi pengikut Kristus. Segera setelah itu, saya dibebaskan, sebab istri saya mengatur pembayaran jaminan. Waktu saya di penjara kesehatan saya menurun, tetapi kondisi spiritual saya malah jauh lebih sehat dari sebelumnya. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan.

    Pokok Doa:
    • Doakan para narapidana yang ada di penjara-penjara di China agar mereka juga bisa dijangkau oleh kasih Kristus melalui anak-anak Tuhan yang mungkin juga dipenjarakan karena iman mereka.
    • Berdoa untuk para pemimpin gereja rumah di China supaya iman mereka tetap teguh dan doakan juga fisik mereka dalam menghadapi beragam gelombang penganiayaan karena Injil yang mereka beritakan.

    e-JEMMi 30/2004


    Sepatu baru menjadi pintu masuk bagi orang-orang Kristen untuk melayani berbagai panti asuhan. Namun, kurangnya sukarelawan bisa menghambat efektivitas pelayanan outreach yang dilakukan. Perwakilan dari Buckner Orphan Care International mengatakan bahwa mereka membutuhkan sukarelawan yang bersedia menemani tim mereka untuk melakukan pelayanan di China dan Guatemala. Tim ini akan membagi- bagikan sepatu dalam perjalanan misi jangka pendek yang mereka lakukan. Perjalanan misi "Shoes for Orphan Souls" adalah perjalanan misi jangka pendek dimana para sukarelawan mencari dana sendiri untuk membiayai perjalanan mereka. Setelah sampai di China, setiap hari tim ini akan mengunjungi berbagai panti asuhan yang ada dimana mereka dapat menceritakan isi traktat-traktat kecil yang diikatkan bersama sepatu-sepatu yang dibagikan. Penduduk China sangatlah kolot. "Kebanyakan orang tidak pernah -- bahkan orangtua yang akan mengadopsi anak pun tidak pernah berkunjung ke panti asuhan untuk melihat bagaimana keadaan anak-anak di tempat itu. Kami, bahkan membangun relasi yang baik dengan sebuah wilayah Muslim di China yang disebut Urumqi. Mereka membuka pintu lebar-lebar dan mengundang tim kami untuk berkunjung." Masih ada tiga kesempatan terbuka bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti perjalanan misi ke China di bulan Oktober nanti. Selain itu, masih diperlukan 20 sukarelawan untuk melayani di Guatemala pada bulan Desember nanti.
    Sumber : Mission Network News, August 31st, 2004

    Pokok Doa:
    • Doakan tim misi jangka pendek yang saat ini melakukan pelayanan di China supaya efektif menjangkau anak-anak panti asuhan.
    • Berdoa untuk kebutuhan sukarelawan supaya bisa memperlancar pelayanan yang diadakan, baik di China maupun di Guatemala.

    e-JEMMi 37/2004


    Mengajar bahasa Inggris merupakan cara baru untuk menuai jiwa. Di China, mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua telah terbukti menjadi pembuka pintu bagi masuknya Injil. Robin Pocklington dari SEND International mengatakan bahwa ini adalah saat-saat dimana para pelajar mulai terbuka. Kemudian, Pocklington mengatakan bahwa ada tim jangka pendek yang akan datang untuk melayani. "Kami menemukan kira-kira seperempat atau sepertiga jumlah mahasiswa di perguruan tinggi yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan akhirnya mereka sampai pada suatu titik dimana mereka berkomitmen untuk menerima Kristus." Pocklington mengatakan bahwa tim pelayanan yang terdiri dari kaum muda ini tidak hanya melayani para pelajar, tetapi tim ini mulai menemukan terbukanya kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan karir baru. "Seiring dengan berjalannya waktu kami terus menemukan bahwa sejumlah anak muda yang telah mengikuti pelayanan misi jangka pendek ini merasakan panggilan Tuhan dalam hidup mereka untuk terlibat secara penuh dalam pelayanan misi. Beberapa dari mereka mendedikasikan hidupnya untuk menjadi misionaris."
    Sumber : Mission Network News, May 18th 2005

    Pokok Doa:
    • Doakan para pelajar di China yang mulai terbuka terhadap Injil dan berdoa agar mereka dipersiapkan untuk menerima Kristus sebagai Juruselamat, bahkan untuk terlibat dalam pelayanan misi.
    • Berdoa supaya tim misi jangka pendek yang diutus SEND International mendapatkan hikmat agar melalui pelayanan yang dilakukan dapat membawa orang kepada Allah.

    e-JEMMi 22/2005



    Trans World Radio telah memancarkan siarannya di China sejak 1977 dengan menggunakan bahasa Mandarin. Sekarang, TWR sedang menjangkau satu kelompok suku yang belum pernah mendengar Kabar Baik tentang Yesus Kristus. Perwakilan dari TWR, Gary Whitmore mengatakan, "Ada 9 juta penduduk Uighurs yang saat ini tinggal di China di bagian Barat Laut. Dalam buku Operation China tertulis bahwa hanya ada 50 orang Kristen yang ada di Uighurs." TWR tidak hanya mengatakan bahwa radio dapat memainkan peran penting untuk menjangkau Uighurs. Separo dari jumlah penduduk Uighurs buta huruf. Hanya separo dari penduduk Uighurs yang bisa berbahasa Mandarin. Jadi, kami berpikir bahwa sangat penting bagi Uighurs untuk mendengar Injil dalam bahasa mereka sendiri. Uighurs tinggal di wilayah yang sungguh-sungguh sangat sulit bagi mereka untuk mendengar Injil dan pelayanan TWR sangat membantu mereka.
    Sumber :CMDNet Weekly Update, June 18, 2005

    Pokok Doa:
    • Doakan TWR dalam membuat program siaran Injil bagi penduduk Uighurs. Doakan agar program radio ini bisa efektif untuk menjangkau penduduk yang sebagian besar masih buta huruf ini.
    • Berdoa untuk pengadaan bahan-bahan penginjilan dalam bahasa Uighurs yang mudah dimengerti dan diterima penduduk setempat.

    e-JEMMi 26/2005



    Ada trend baru yang melanda gereja di China. Selain adanya laporan tentang meningkatnya penganiayaan terhadap gereja-gereja yang tidak terdaftar di China, ada juga berita baik yang terdengar dari Negeri Tirai Bambu ini. Sama seperti yang dilakukan Rasul Paulus dan Timotius, sekarang ini, banyak gereja di China yang legal telah mempunyai dasar yang kuat untuk pelayanan outreach. Erik Burklin dari China Partner Ministries memperhatikan bahwa selama kunjungan terakhirnya ke China dia melihat bahwa kebanyakan tampuk kepemimpinan gereja tidak lagi dipegang oleh generasi tua. "Hal ini berarti bahwa gereja generasi muda mulai bermunculan di China. Mereka telah dilatih untuk terlibat dalam pelayanan. Hal tersebut juga berarti bahwa generasi tua menyadari bahwa mereka tidak mampu lagi mengikuti tuntutan-tuntutan pelayanan masa kini. Generasi tua ini mengizinkan generasi muda untuk mengambil alih pelayanan." Burklin menjelaskan lebih lanjut bahwa generasi baru dari para pemimpin gereja ini mempunyai visi yang jelas tentang masa depan gereja. "Membangun gereja itu penting. Namun ada hal lain yang perlu disadari, yaitu bangunan gereja itu tidak hanya dipakai untuk beribadah tiap hari Minggu dan aktivitas pelayanan gereja lainnya. Saat ini, bangunan gereja juga menjadi tempat untuk mengadakan Bible Training Center (Pusat Pelatihan Alkitab)."
    Sumber :Mission Network News, July 18th 2005

    Pokok Doa:
    • Doakan gereja generasi muda China yang saat ini diserahi mandat untuk memimpin gereja-gereja legal di China. Doakan agar generasi muda ini bisa menjadi pemimpin yang berkompeten dan mempunyai visi yang jelas tentang masa depan gereja.
    • Berdoa agar gereja-gereja legal semakin mantap dalam mengembangkan pelayanan outreach, khususnya untuk wilayah-wilayah yang lebih luas di China

    e-JEMMi 30/2005



  • |




     Ke atas 
    © 2003 YLSA