Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

You are herePenginjilan / Penginjilan: Diciptakan untuk Sebuah Misi

Penginjilan: Diciptakan untuk Sebuah Misi


By admin - Posted on 09 January 2018

"Seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikianlah Aku mengutus mereka ke dalam dunia." Yohanes 17:18 (AYT) "Namun, aku tidak menganggap hidupku berharga bagi diriku sendiri sehingga aku dapat menyelesaikan tugasku dan pelayanan yang aku terima dari Tuhan Yesus ..." Kisah Para Rasul 20:24 (AYT)

ALLAH sedang bekerja di dunia ini, dan Dia ingin Anda bergabung dengan-Nya. Tugas ini disebut misi Anda, dan ini berbeda dengan pelayanan Anda. Pelayanan Anda adalah pelayanan Anda kepada orang-orang percaya di dalam Tubuh Kristus, sementara misi Anda adalah pelayanan Anda kepada orang-orang yang tidak percaya di dunia ini. Anda menciptakan Anda untuk keduanya.

Misi hidup Anda sama sekaligus khusus. Salah satu bagiannya adalah tanggung jawab yang sama dengan setiap orang Kristen lainnya, dan bagian lainnya adalah tugas yang unik bagi Anda
.
Kata "misi" bahasa Inggris kami berasal dari kata Latin untuk "mengutus." Menjadi seorang Kristen berarti juga diutus ke dunia sebagai wakil Yesus Kristus. Yesus berkata, "Seperti Bapa telah mengutus Aku, Aku akan mengutus kamu."

Yesus dengan jelas memahami misi hidup-Nya di dunia. Pada usia 12 tahun dia berkata, "Aku harus melakukan pekerjaan Bapa-Ku," dan 21 tahun kemudian, meninggal di kayu salib, Dia berkata, "Sudah selesai." Seperti penopang buku, kedua pernyataan ini membingkai kehidupan yang sesuai dengan tujuan. Dia menyelesaikan misi yang diberikan Bapa kepada-Nya.

Misi yang Yesus miliki saat ini di bumi adalah misi kita karena kita adalah Tubuh Kristus. Apa yang Dia lakukan di dalam tubuh fisik-Nya, harus kita lanjutkan sebagai tubuh rohani-Nya – gereja. Apa misi itu? Memperkenalkan orang kepada Allah! Alkitab mengatakan "... Kristus mengubah kita dari musuh menjadi sahabat-sahabat-Nya dan memberi kita tugas untuk menjadikan orang lain juga sahabat-Nya."

Allah ingin menebus manusia dari Setan dan mendamaikan mereka dengan diri-Nya sendiri sehingga kita dapat memenuhi lima tujuan mengapa kita ciptakan: untuk mengasihi-Nya, menjadi bagian dari keluarga-Nya, untuk menjadi serupa dengan-Nya, untuk melayani Dia, dan untuk menceritakan kepada orang lain tentang Dia. Setelah kita menjadi milik-Nya, Allah menggunakan kita untuk menjangkau orang lain demi kelima tujuan tersebut. Dia menyelamatkan kita dan kemudian mengutus kita. Alkitab berkata, "Kami telah diutus untuk berbicara kepadamu demi Kristus." Kita adalah utusan kasih dan tujuan Allah bagi dunia.

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menganggap serius misi ini.

Yesus Memerintahkan Kita untuk Melanjutkan Misi-Nya

Dia memanggil kita bukan hanya untuk datang kepada-Nya, tetapi juga untuk mencari-Nya. Misi Anda sangat penting sehingga Yesus mengulanginya lima kali dengan lima cara yang berbeda dalam lima kitab yang berbeda di Alkitab. Seolah-olah Dia mengatakan "Aku ingin kamu benar-benar memahami ini!" Pelajari lima amanat Yesus ini dan Anda akan mempelajari rincian misi Anda di bumi - kapan, di mana, mengapa dan bagaimana caranya.

Dalam salah satu dari contoh ini, Yesus berkata, "Pergilah dan muridkanlah semua bangsa, baptislah mereka dalam nama Bapa, dan Anak dan Roh Kudus, ajarkanlah mereka untuk menaati semua yang telah Aku perintahkan kepadamu."

Amanat Agung ini tidak diberikan kepada para pendeta tetapi juga kepada setiap pengikut Yesus.

Perhatikan bahwa kata-kata ini bukanlah Saran Agung. Misi Anda adalah kewajiban, bukan pilihan, jika Anda adalah bagian dari keluarga Allah. Yesus berkata, "Tidak ada seorangpun yang telah meletakkan tangannya pada bajak, tetapi masih menoleh ke belakang, yang pantas bagi Kerajaan Allah."

Anda mungkin tidak sadar bahwa Allah meminta Anda bertanggung jawab atas orang-orang tidak percaya yang tinggal di sekitar Anda. Alkitab mengatakan, "... engkau harus memperingatkan mereka supaya mereka dapat hidup. Jika kamu tidak berbicara memperingatkan orang jahat untuk menghentikan kejahatan mereka, mereka akan mati dalam dosa mereka, namun Aku akan meminta pertanggungjawaban atas kematian mereka." Anda adalah satu-satunya orang Kristen yang akan dikenal oleh beberapa orang dan misi Anda adalah memberitakan Yesus kepada mereka.

Misi Anda Adalah Hak Istimewa yang Luar Biasa

Meskipun merupakan tanggung jawab yang besar, ini juga merupakan kehormatan yang luar biasa yaitu digunakan oleh Allah. Paulus berkata, "Allah telah memberi kita hak istimewa untuk mendorong setiap orang agar diselamatkan dan berdamai dengan-Nya." Misi Anda melibatkan dua hak istimewa: bekerja dengan Allah dan mewakili Dia. Kita bisa bermitra dengan Allah dalam pembangunan kerajaan-Nya. Paulus menyebut kita "rekan sekerja" dan berkata, "Kita bekerja bersama dengan Tuhan."

Yesus menjamin keselamatan kita, menempatkan kita di dalam keluarga-Nya, memberi kita Roh-Nya, dan kemudian menjadikan kita duta-duta-Nya di dunia ini. Alkitab mengatakan, "Kami ini adalah duta-duta Kristus, Allah menunjukkan panggilan-Nya melalui kami. Kami berbicara kepadamu demi Kristus, berilah dirimu diperdamaikan dengan Allah.”

Misi Anda adalah Hal Terbesar yang Dapat Anda Lakukan untuk Seseorang

Jika sesama Anda menderita kanker, atau AIDS, dan Anda tahu obatnya, adalah jahat jika menahan informasi yang bisa menyelamatkan nyawa. Yang lebih buruk lagi adalah merahasiakan jalan menuju pengampunan, tujuan, kedamaian, dan kehidupan kekal. Kita memiliki berita terhebat di dunia dan memberitahukannya adalah kebaikan terbesar yang dapat Anda tunjukkan kepada siapa pun.

Satu masalah yang dimiliki orang Kristen yang sudah lama menjadi Kristen adalah mereka melupakan betapa tak berdaya rasanya tanpa Kristus. Kita harus ingat bahwa setiap orang membutuhkan Yesus, tidak peduli seberapa puas atau suksesnya mereka kelihatannya. Tanpa Kristus, mereka putus asa dan menuju pemisahan yang kekal dari Allah. Alkitab mengatakan, "Yesus adalah satu-satunya yang bisa menyelamatkan manusia."

Misi Anda Memiliki Arti Kekal

Itu akan mempengaruhi kekekalan orang lain, jadi itu lebih penting daripada pekerjaan, prestasi, atau tujuan apa pun yang bisa Anda capai selama hidup Anda di bumi. Konsekuensi dari misi Anda akan berlangsung selamanya. Tidak ada hal lain yang Anda lakukan sepenting membantu orang membangun hubungan yang kekal dengan Allah.

Inilah sebabnya mengapa kita harus memandang misi kita sebagai suatu urgensi. Yesus berkata, "Kita harus mengerjakan pekerjaan-pekerjaan Dia yang mengutus Aku selama hari masih siang; malam akan datang saat tidak ada seorang pun dapat bekerja."

Jam di misi hidup Anda terhitung mundur, jadi jangan menunda hari lain. Mulailah misi Anda untuk menjangkau orang lain sekarang juga! Seluruh kekekalan akan merayakan semua orang yang kita bawa kepada Yesus, tapi kita hanya memiliki waktu selama kita masih hidup di dunia untuk menjangkau mereka.

Misi Anda Memberikan Makna Hidup bagi Anda

William James pernah berkata, "Penggunaan hidup yang terbaik adalah menghabiskannya untuk sesuatu yang lebih lama daripada hidup itu sendiri." Sesungguhnya, hanya Kerajaan Allah yang akan bertahan. Segala sesuatu yang lain akhirnya akan lenyap. Mengetahui hal itu, mengapa Anda lebih memprioritaskan hal yang lain?

Paulus berkata, "Hidupku tidak berarti apa-apa kecuali jika aku menggunakannya untuk melakukan pekerjaan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus yaitu bekerja untuk memberitakan kepada orang lain Kabar Baik tentang kebaikan dan cinta Tuhan yang luar biasa." Jika Anda gagal dalam misi Anda, Anda telah menyia-nyiakan hidup yang Allah berikan kepada Anda. Di sisi lain, jika hanya satu orang akan berada di surga karena Anda, hidup Anda tidak dapat dianggap sebagai kegagalan.

Anda bukan ditempatkan di bumi untuk tidak melakukan apa-apa atau hanya hidup untuk diri sendiri. Allah mengajak Anda untuk berpartisipasi dalam apa yang sedang dilakukan-Nya di dunia ini. Kapan pun Anda melihat Allah bekerja, itu adalah sebuah ajakan untuk bergabung dengan-Nya.

Jadwal Tuhan untuk Akhir Sejarah Terkait dengan Penyelesaian Amanat yang Telah Diberikan

Hari ini, ada ketertarikan yang bertambah mengenai kedatangan Kristus yang kedua dan akhir dunia. Kapan itu akan terjadi? Tepat sebelum Yesus naik ke surga, para murid mengajukan pertanyaan ini kepada Yesus, dan tanggapan-Nya cukup terbuka.

Dia berkata, "Bukanlah bagianmu untuk mengetahui tentang waktu dan masa yang sudah ditetapkan oleh Bapa dalam kuasa-Nya. Akan tetapi, kamu akan menerima kuasa ketika Roh Kudus telah datang kepadamu dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku di seluruh Yudea Dan Samaria, dan sampai ke ujung bumi."

Ketika para murid ingin berbicara tentang nubuatan, Yesus dengan cepat mengalihkan pembicaraan ke penginjilan! Dia ingin mereka berkonsentrasi pada misi mereka di dunia. Yesus berkata, "Rincian tentang kedatangan-Ku bukanlah urusanmu. Pekerjaanmu adalah misi yang telah Aku berikan kepadamu. Fokuslah pada itu!"

Berspekulasi tentang waktu kedatangan Kristus kembali adalah sia-sia karena Yesus berkata, "Akan tetapi, tentang hari atau jam itu, tidak ada seorang pun yang tahu, tidak juga malaikat-malaikat di surga, bahkan tidak juga Anak, hanya Bapa." Karena Yesus berkata, "Bahkan Aku tidak tahu hari atau jamnya," mengapa kita mencoba untuk mengetahuinya? Apa yang kita tahu dengan pasti adalah ini: Yesus tidak akan kembali sampai semua orang yang Dia inginkan mendengar Kabar Baik telah mendengarnya. Yesus berkata, "Injil Kerajaan ini akan diberitakan ke seluruh dunia sebagai kesaksian bagi semua bangsa, dan kemudian kesudahannya akan datang." Jika Anda ingin Yesus datang kembali lebih cepat, fokuskan untuk memenuhi misi Anda, jangan mencari nubuatan.

Melengkapi Misi Anda akan Membawa Kemuliaan bagi Tuhan

Pada malam sebelum Dia disalibkan, Yesus berkata kepada Bapa-Nya, "Aku telah membawa kemuliaan di bumi dengan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepadaKu." Apakah Anda dapat mengatakan itu di akhir hidup Anda? Untuk itulah Anda ciptakan dan itu seharusnya menjadi tujuan hidup Anda.

Tuhan memberkati Hidup yang Didedikasikan untuk Kerajaan-Nya

Yesus berkata, "Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." Rahasia diberkati oleh Allah adalah berpartisipasi dalam agenda-Nya bagi dunia –- menjadi bagian dari apa yang Dia sedang selesaikan di dunia.

Alih-alih berdoa, "Tuhan berkati apa yang ingin saya lakukan," berdoalah, "Tuhan tolong saya untuk melakukan apa yang Engkau berkati!" Setiap pagi berdoalah, "Bapa, saya tahu Engkau akan melakukan beberapa hal menakjubkan di dunia saat ini, dan saya menginginkan hak istimewa untuk disertakan dalam beberapa pekerjaan itu."

Memenuhi misi yang untuk itu Anda diciptakan akan menuntut Anda untuk meninggalkan agenda Anda sendiri dan menyesuaikan diri dengan agenda Tuhan. Daud berdoa, "Jauhkan aku dari menginginkan rencana lain selain milik-Mu." Misi Anda dimulai pada saat Anda mengatakan "ya" kepada Tuhan dalam ketaatan, iman, dan kasih.

Dapatkah Anda memikirkan alasan yang kuat untuk Anda tidak membuat komitmen itu? Alkitab berkata, "Berikanlah dirimu sepenuhnya kepada Allah - setiap bagian darimu - karena kamu sudah dibangkitkan dari kematian dan kamu ingin menjadi alat di tangan Allah, untuk digunakan bagi tujuan-Nya yang baik." Mengapa Anda tidak berhenti sejenak dan berkomitmen pada tujuan hidup Anda ini sekarang? (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : CBN.com
URL : http://www1.cbn.com/churchandministry/evangelism-made-for-a-mission
Judul asli artikel : Evangelism Made for A Mission
Penulis artikel : Rick Warren
Tanggal akses : 14 Juli 2017