Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereFacebook dan Penginjilan

Facebook dan Penginjilan


By admin - Posted on 03 July 2017

Apakah Ini Kesempatan Digital Terbesar Kita?

Setelah beberapa tahun mengalami pertumbuhan yang cepat, Facebook menembus 800 juta pengguna di tahun 2011. Hal ini mewakili 1 dari 3 semua pengguna web (jika Anda tidak memasukkan Cina di mana Facebook dilarang). Jika kita membandingkan pengguna Facebook dengan populasi negara, itu adalah 'negara' ketiga terbesar di dunia.

Amerika Serikat dan Inggris telah lama menjadi no. 1 dan no. 2 dalam hal jumlah pengguna Facebook. Sampai saat ini, Turki adalah hampir dipastikan menjadi no. 3, tetapi Indonesia telah naik peringkat dan sekarang menjadi yang ketiga, mendorong Turki ke posisi keempat. Facebook Antarmuka yang ada mendekati 100 bahasa dan akan segera menjadi lebih lagi. Banyak orang menghabiskan setidaknya setengah dari waktu daring mereka menggunakan Facebook, dan ini termasuk orang yang mengakses Facebook melalui ponsel. Saksikan video 4 menit ini (dan video terkait yang ditawarkan pada akhir klip ini) tentang revolusi media sosial:

'Web dalam Web' yang Baru

Perusahaan-perusahaan menyadari bahwa Facebook adalah tempat di mana banyak pengguna web menghabiskan sebagian besar waktu mereka (seperti yang digambarkan cerita pendek ini), dan mereka bersemangat sekali mengembangkan konten yang akan berintegrasi langsung ke Facebook, yang hal itu sendiri dengan cepat meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan semacam kegunaan ini. Nantikan untuk melihat perkembangan serupa di masa mendatang sebagaimana Facebook hampir berubah menjadi 'Web dalam Web' mandiri. Lebih lagi, perusahaan-perusahaan mengiklankan Facebook Fan Page mereka dibandingkan website mereka sendiri, sebagai halaman arahan yang mereka ingin orang lihat pertama kali.

Sebagian besar situs jejaring sosial lainnya (dengan pengecualian dari beberapa jaringan non-Inggris nasional atau regional) telah surut ke ceruk spesialis yang lebih kecil. Bebo dan MySpace berjuang. Sama halnya seperti hanya ada tempat untuk satu mesin pencari definitif (Google) atau satu situs lelang/pasar (eBay), orang tertarik ke salah satu situs jejaring sosial di mana mereka tahu bahwa mereka dapat menghubungi hampir semua orang. Namun, pedoman ini berlaku untuk sebagian besar situs jejaring sosial lainnya juga.

Mengapa Hal Itu Begitu Strategis untuk Penginjilan?

Karena:

Siapa pun dapat membuat akun dalam hitungan detik; tidak ada pengetahuan teknologi yang dibutuhkan (meskipun ada aspek Facebook yang agak aneh dan sulit digunakan).
Hal ini didasarkan pada hubungan dan dialog – kunci untuk secara efektif menyampaikan kabar baik.
Komentar dan postingan Anda ditampilkan pada halaman teman.
Anda dapat membuat atau bergabung dalam 'Fan Pages' dan 'Grup' yang dibangun di sekitar topik sekuler, dan karena itu berhubungan dengan orang lain dalam kepentingan bersama (1 Kor 9:19-23).
Itu dapat memanfaatkan kekuatan sumber daya daring lainnya seperti klip video dan situs penjangkauan.

Peluang di Facebook

Ada dua pendekatan yang saling tumpang tindih: penjangkauan aktif disengaja dan bersifat inkarnasi. Namun, apa yang tidak dapat Anda harapkan dari Facebook adalah menjadi sebuah platform linear untuk sebuah khotbah. Jika Anda membayangkan Facebook menjadi 'mimbar untuk berkhotbah', Anda membuang-buang waktu dan cenderung mengecewakan banyak orang. Jika Anda memahaminya untuk ada di sebuah 'warung untuk percakapan', Anda akan memahami dan mengikutinya dengan baik.

Jalani kehidupan kita secara terbuka dan transparan di depan teman-teman kita seperti yang kita lakukan di dunia fisik, menunjukkan cinta tanpa syarat dan bau harum yang dikatakan dalam 2 Kor.2:15.

Anda dapat menanggapi postingan orang lain dengan komentar yang sesuai pada topik, kadang-kadang termasuk tautan ke halaman atau klip video yang sesuai. Simpan daftar portofolio halaman dan klip video yang siap untuk digunakan. Pertimbangkan halaman dalam dari Power sampai Change - sering salah satu halaman internal mereka akan berhubungan dengan topik tertentu yang Anda komentari: itu juga termasuk area untuk pria, wanita dan mahasiswa. Selalu lakukan hal ini dengan cara yang hati-hati dan lemah lembut (1 Petrus 3:15).

Jika banyak dari teman Anda yang tinggal dalam komunitas lokal Anda, akan tepat jika dari waktu ke waktu menyebutkan kegiatan-kegiatan di gereja Anda.

Anda dapat mengunggah video pendek Anda sendiri ke bagian video profil Facebook Anda, atau memposting tautan ke video YouTube dengan cara yang sama seperti menambahkan hyperlink ke postingan apapun - grafis thumbnail yanng bisa diklik akan otomatis ditampilkan. Video klip pendek merupakan cara yang berguna untuk memulai diskusi, terutama jika Anda menautan ke video memulai-percakapan dibandingkan presentasi bersifat khotbah yang'mengakhiri ketertarikan'.

Area lain yang bermanfaat untuk percakapan adalah budaya populer – rilis film, musik dan buku. Hampir semua orang tertarik untuk berbicara tentang film-film atau musik terbaru, dan luar biasanya mereka sering berisi kesejajaran yang diembed yang mengarah pada kebenaran rohani.

Buat atau bergabunglah ke dalam Fan Pages atau Grup pada topik yang menarik bagi orang belum percaya dan Anda, dan berpartisipasilah dengan peka. Lihatlah terutama pada Grup-grup, karena hal-hal itu dirancang untuk interaksi yang berlangsung bagi para anggota, dan menggantikan kelompok diskusi email dan papan buletin yang pernah begitu populer. Ada sejumlah besar Grup, beberapa diantaranya dengan keanggotaan yang sangat tinggi. Gunakan opsi pencarian Facebook untuk menemukannya. Apakah ada, misalnya, Grup yang meliputi olahraga yang Anda minati, atau masalah hidup atau penyakit yang Anda derita? Pilih Grup dengan anggota yang cukup untuk membuat percakapan yang sedang berlangsung tetap menarik.

Kesempatan pro-aktif disengaja lainnya termasuk melakukan kontak dengan teman-teman dari teman-teman, dan mengundang orang untuk bergabung ke Fan Pages atau Groups yang Anda menjadi anggotanya.

Ada sangat sedikit 'Aplikasi-aplikasi' add-on yang memungkinkan kita untuk menambahkan dengan halus area penginjilan ke halaman Facebook – di sini adalah kesempatan bagi para pengembang. Baca lebih lanjut tentang 'Aplikasi-aplikasi' dan hal-hal yang bisa menjadi bersifat penginjilan.

Belajar bahasa markup Facebook memungkinkan fitur tambahan yang akan ditambahkan ke halaman.

Facebook menawarkan kesempatan khusus bagi lembaga misi dan saksi lintas budaya: baca lebih lanjut.

Gereja harus mempertimbangkan potensi untuk membuat Fan Page: baca lebih lanjut. Sebuah gereja Fan Page, seperti situs gereja normal, harus ramah-bagi pihak luar (1 Kor. 4: 5) dan bebas-jargon. Berikut adalah beberapa contoh yang berguna.

Banyak kelompok pemuda gereja mengadakan semua diskusi mereka dan menyiarkan beritanya melalui Grup Facebook, karena hal itu sangatlah mudah di mana 100% dari orang-orang muda memiliki akun Facebook.

Hal yang Harus Dihindari

Jika Anda berada di semacam pelayanan di mana sebagian besar teman-teman Facebook Anda adalah pemimpin Kristen, mungkin adalah bijaksana untuk mempertimbangkan memiliki profil Facebook yang terpisah, sehingga postingan tidak akan mengalami salah penempatan atau tidak dimengerti bagi mereka yang belum Kristen. Baca penjelasan Mikey Lynch tentang prinsip ini. (Lihat ide untuk berbagai nama profil. Untuk menyimpan logging konstan dalam dan keluar, gunakan browser lain seperti Chrome untuk profil kedua, yang harus dikaitkan dengan alamat email yang berbeda untuk profil pertama Anda.) Selalu gunakan profil 'sekuler' ini saat pemasangan, atau memberikan kontribusi terhadap Fan Pages atau Grup yang berorientasi sekuler.

Jauhkan diri dari isu-isu politik dan sosial: pandangan yang Anda ungkapkan tentang hal-hal ini cenderung mengasingkan setidaknya setengah pengunjung halaman Anda. Pertimbangkan untuk tidak memasukkan apa-apa (atau setidaknya, apapun referensi partai atau sudut pandang partisan) di bagian 'pandangan politik' dari profil Anda juga. Hal ini mengingatkan catatan, konon yang ditulis oleh sebuah keluarga kepada penjual-susu di hari-hari ketika susu dikirimkan kepada masyarakat dari keranjang dengan wadah terbuka: "Terima kasih untuk layanan Anda yang sangat baik. Tapi tolong bisakah Anda mengirimkan susu dan air dalam tempat terpisah di kemudian hari."

Di bawah pandangan agama di profil Facebook mereka, banyak orang yang memasukkan sesuatu seperti 'pengikut Yesus' atau 'pencari kebenaran' daripada 'Kristen' yang semakin merendahkan atau beberapa label denominasi.

Jangan memperlakukan orang sebagai 'pakan Injil'. Bangunlah hubungan tanpa syarat dengan hormat dan toleransi. Gunakan integritas. Ini adalah dialog, bukan berkhotbah. "Fokusnya harus pada membangun hubungan yang otentik. Tanpa itu, tidak hanya Anda berisiko tidak efektif, tetapi juga merusak setiap kesempatan yang mungkin dimiliki orang Kristen lain," kata Dan king Bibledude.com. "Itu sebabnya hal yang paling penting yang dapat Anda mengerti tentang media sosial adalah bahwa hal itu sosial secara alami."

Orang akan cepat melihat melalui ketidaktulusan dan motif campuran. Pemilik kucing tahu dengan baik kasih sayang kondisional yang ditunjukkan oleh hewan peliharaan mereka ketika mereka ingin makan: lemari cinta. Para pengguna Facebook akan kurang toleran. Mereka akan dengan cepat melihat bahwa Anda menganggap mereka sebagai 'proyek' daripada seorang pribadi.

Beberapa ahli stategis telah menyebut upaya tidak pantas, tidak enak didengar, argumentatif, manipulatif atau usaha-usaha impersonal untuk meyakinkan orang tentang kebenaran dengan istilah bukan penginjilan yang menakutkan.

Hindari jargon Kristen. Ungkapkan kebenaran dalam bahasa alternatif yang netral.

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di Facebook, atau tidak menggunakan wakt-waktu tersebut secara efektif.

Pelajari Sistemnya

Facebook tidak selalu bersifat sangat intuitif untuk digunakan atau diedit. Dibutuhkan waktu untuk memahami bahkan pengaturan privasi dan implikasinya. Sadarilah bahwa apa yang Anda lihat di halaman Facebook Anda bukan apa yang dilihat oleh pengunjung: cobalah melihat halaman Anda menggunakan profil teman Facebook, dan melalui profil seseorang yang bukan teman Anda, untuk melihat perbedaannya.

Berbagai 'aplikasi' Facebook dapat digunakan untuk memperpanjang apa yang ditampilkan di halaman Anda. Beberapa aplikasi kadang memiliki penanganan khusus untuk diinstal, dan hanya ada ruang untuk beberapa tautan tambahan pada menu atas horizontal. (Menambah aplikasi ke Fan Pages atau Groups bisa sangat rumit, kontra-intuitif, dan dalam beberapa kasus tidak mungkin. Namun aplikasi lain, seperti Static FBML, hanya bekerja pada Fan Pages!) Baca lebih lanjut.

Anda dapat menggabungkan postingan blog sehingga blog-blog tersebut secara otomatis akan muncul di halaman Anda, dengan mendaftarkan blog Anda ke NetworkedBlogs.com. (Hal ini aneh tapi mungkin untuk mendapatkan NetworkedBlogs tampil di sebuah Fan Page, dan ada beberapa aplikasi yang saat ini tidak bekerja dalam Fan Pages.) Lakukan ini hanya jika postingan blog mudah digunakan oleh pencari.

Anda juga dapat belajar bagaimana menggunakan Facebook Markup Language (FBML) untuk mengintegrasikan fitur lain ke dalam Facebook Fan Page Anda.

Ada batas harian pada jumlah orang yang Anda dapat undang untuk menjadi teman, dan batas yang sangat rendah pada jumlah pesan yang Anda dapat kirim ke bukan-teman. Seperti 'cold-calling’(ketika kita menghubungi prospek kita melalui telepon untuk membuat janji bertemu, sehingga kita dapat mempresentasikan produk/jasa kita secara langsung - Red.) harus dilakukan dengan kepekaan tertentu.

Gunakan Google untuk mencari saran tentang semua area ini - dokumentasi Facebook sendiri sering bersifat tambal sulam. Beberapa hal yang mungkin diketahui dengan trial and error, misalnya: Anda hanya dapat mengundang jumlah terbatas dari teman-teman ke Fan Page pada suatu waktu atau prosedur gagal, dan bahwa jika gambar mereka berhenti menjadi 'berwarna abu-abu' setelah Anda melakukan ini, itu berarti mereka telah menolak (bukan mengabaikan) permintaan, jadi jangan mengirim lagi karena terlihat seperti Anda melakukan spamming (pengiriman informasi atau iklan yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu - Red.) kepada mereka.

Posting Klip Video

Membagikan satu-klik klip video memulai-percakapan memiliki potensi yang sangat besar. YesHEIs.com menawarkan berbagai klip dalam berbagai bahasa, tepatnya untuk tujuan ini. Global Short Film Network juga memproduksi video pendek yang dapat digunakan dalam Facebook, diunduh ke ponsel, atau membaginya dengan cara lain. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Digital Ministry Resources.com
Alamat URL : http://digitalministryresources.com/facebook-and-evangelism-is-this-our-biggest-digital-opportunity/
Judul asli artikel : Facebook and Evangelism
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 29 September 2016