Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Apa yang Dapat Aku Lakukan?

Apa yang Dapat Aku Lakukan?


Pengantar

Gereja-gereja dan orang percaya di seluruh dunia sedang mempersiapkan acara doa bersama dalam rangka mengikuti International Day of Prayer (IDOP). Penyelenggaraan akan diadakan secara serempak selama satu minggu (9 -- 16 November 2008). Sebagai saudara seiman, mari kita mengambil bagian dan berpartisipasi dengan berdoa bagi saudara-saudara seiman kita di seluruh dunia yang dianiaya karena iman mereka kepada Kristus. Artikel berikut ini bisa menjadi salah satu petunjuk bagaimana Anda bisa ikut berpartisipasi. Selamat membentuk kelompok doa dan berdoa bersama.

Anda Dapat Berdoa ....

Pilihlah sebuah negara untuk didoakan selama satu minggu. Berdoalah bagi kebutuhan terperinci dari negara itu, perlindungan bagi orang-orang percaya di sana, jiwa-jiwa baru untuk dimenangkan bagi Injil, dan supaya para penganiaya di negara itu datang untuk mengenal kasih Yesus Kristus.

  • Berdoalah supaya Roh Kudus memberikan kepada Anda hal-hal khusus dan orang-orang untuk didoakan di negara tersebut -- sebutkan dengan spesifik.

  • Saat Anda melewati hari Anda, sadarilah akan negara tersebut -- temukanlah pada globe, carilah di perpustakaan atau di internet (situs The Voice of the Martyrs adalah www.persecution.com), dan simaklah berita tentang negara tersebut. Carilah ayat-ayat dalam Alkitab untuk membantu Anda berdoa bagi negara tersebut.

  • Bagikan (sharing) permintaan doa bagi negara tersebut dengan kelompok pemahaman Alkitab Anda, kelas sekolah minggu, atau teman-teman. Bentuklah kelompok doa untuk saling bertemu dan berdoa dalam jangka waktu yang tetap bagi negara-negara yang berbeda.

  • Ciptakanlah sebuah papan pengumuman di gereja Anda atau wilayah kelompok pemuda di mana Anda dan teman-teman Anda dapat menempelkan jawaban-jawaban bagi doa-doa Anda.

  • Ucapkanlah sebuah doa pendek kapan pun Anda berpikir mengenai negara tersebut sepanjang minggu itu. Pada akhir minggu, mintalah Allah untuk menunjukkan apakah Ia ingin Anda terus berdoa bagi negara tersebut atau memilih negara lain untuk didoakan.

Anda Dapat Mengidentifikasi ....

Ratusan ribu umat Kristen membahayakan nyawa mereka dengan berkumpul untuk menyembah Yesus setiap minggu. Kita, di Indonesia, mungkin kurang bisa memahami tekanan semacam itu. Bagaimana jika Anda mencoba merasakannya. Selenggarakanlah sebuah tiruan pertemuan gereja bawah tanah, bisa di rumah atau di gereja Anda. Berikanlah kepada setiap peserta sebuah kata sandi atau ketukan rahasia yang akan mereka butuhkan untuk mengikuti pertemuan Anda. Anda bahkan dapat menyelenggarakan pertemuan Anda di luar atau di hutan. Lalu siapkanlah orang-orang yang berbaju seperti polisi untuk menginvasi pertemuan Anda. Pakailah hanya satu atau dua Alkitab untuk dibagikan di antara kelompok. Gunakan lentera atau lilin saja sebagai penerang dalam pertemuan tersebut.

Anda Dapat Membagikan Injil ....

Diskusikanlah bersama kelompok pemuda, gagasan untuk menjangkau negara-negara yang menganiaya umat Kristen. Didiklah diri Anda mengenai berbagai kebudayaan yang berbeda dan cara yang terbaik untuk menjangkau mereka bagi Kristus. Carilah informasi mengenai hal tersebut dan dukunglah misionaris-misionaris di negara tersebut, lalu berdoalah bagi mereka secara rutin. Temukanlah apa yang menjadi kebutuhan mereka dan carilah bagaimana Anda dapat menolong agar kebutuhan mereka dipenuhi, entah itu mendapatkan Alkitab dalam bahasa mereka, menyediakan makanan, atau mendukung mereka secara finansial.

Anda Dapat Mendramatisir ....

Ciptakanlah sebuah parodi atau satu serial parodi untuk dipertunjukkan di hadapan jemaat gereja Anda atau kelompok pemuda berdasarkan cerita-cerita atau martir-martir yang telah Anda teliti sendiri. Pilihlah martir-martir dari masa lalu dan masa kini. Selenggarakanlah drama-drama Anda, kemudian undanglah orang-orang untuk bergabung dalam kelompok-kelompok doa atau untuk berdoa setiap minggunya sebagaimana yang telah dijabarkan di atas.

Anda Dapat Menulis ....

  • Kepada petugas-petugas yang terpilih. Tulislah sebuah surat atau kirimkanlah email kepada petugas-petugas terpilih di Washington dan di ibu kota negara bagian Anda. Beritahukanlah kepada mereka pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan terhadap umat Kristen di berbagai negara di seluruh dunia. Biarkanlah mereka mengetahui bahwa Anda juga meneruskan informasi ini kepada beberapa teman-teman Anda. Mintalah supaya mereka menyelidiki pelanggaran-pelanggaran tersebut dan memberikan sanksi kepada pemerintah-pemerintah negara-negara ini hingga pelanggaran-pelanggaran tersebut berakhir. Alamat mereka dapat ditemukan di halaman-halaman biru buku telepon Anda atau teleponlah bagian referensi di perpustakaan wilayah Anda. Kepada para duta besar, Anda dapat menjadi suara bagi saudara-saudara dan saudari-saudari Anda yang teraniaya di negara-negara tertentu. Tulislah kepada duta besar bagi pemerintah asing tersebut atau kepada duta besar Amerika Serikat bagi negara tersebut untuk mengomunikasikan keprihatinan Anda mengenai bagaimana orang-orang Kristen diperlakukan di negaranya. Proteslah dengan sopan penyerangan-penyerangan yang terus berlanjut terhadap umat Kristen dengan mengutip kejadian tertentu yang Anda ketahui, di mana pun itu. Alamat-alamat dapat diperoleh dari perpustakaan wilayah Anda, situs PBB (www.un.org), atau di www.embassyworld.com.

  • Kepada petugas-petugas pemerintah asing. The Religious Prisoners Congressional Task Force (www.house.gov/pitts) mendorong penduduk Amerika untuk memohon secara langsung kepada pemerintah-pemerintah asing atas nama tahanan-tahanan religius spesifik. Anda dapat memeroleh informasi mengenai tahanan-tahanan religius dan apa yang terjadi kepada orang-orang Kristen di berbagai negara di situs VOM (www.persecution.com) di bawah judul "Ministry Oportunities" di www.jesusfreaks.net.

  • Kepada editor dari harian setempat. Didiklah komunitas Anda akan horor-horor yang dihadapi oleh orang-orang Kristen di seluruh dunia. Yakinkanlah bahwa Anda menelepon pegawai-pegawai redaksi dan mintalah petunjuk cara menulis surat/artikel. Banyak yang memiliki batasan jumlah kata, dan memenuhi batasan tersebut akan memberikan kesempatan surat/artikel Anda untuk dimuat.

  • Kepada teman-teman Anda. Email menyebarkan berita dengan amat cepat. Ciptakanlah sebuah daftar distribusi email yang memiliki alamat-alamat dari beberapa sahabat, dan kirimkanlah kepada mereka mengenai kekejaman yang berlangsung terhadap umat Kristen di seluruh dunia. Dengan menjaga agar mereka tetap mendapatkan informasi, mereka dapat berdoa bagi individu-individu ini dan dapat menulis surat-surat atau mengirimkan email-email mereka sendiri kepada petugas terpilih, pemerintah asing, atau teman-teman lainnya.

Diambil dan disesuaikan dari:

Judul buku : Jesus Freaks
Penyusun : Toby McKeehan dan Mark Heimermann
Penerbit : Cipta Olah Pustaka, 1995
Halaman : 388 -- 391

e-JEMMi 43/2008