Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMi No. 03 Vol.18/2015 / Amanat Agung: Sebuah Perintah yang Personal

Amanat Agung: Sebuah Perintah yang Personal


Yesus mendekati mereka dan berkata, "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:18-20)

Amanat Agung adalah salah satu bacaan penting dalam Alkitab. Sebab, pertama-tama, bacaan itu mencatat perintah personal yang diucapkan oleh Yesus sendiri kepada para murid-Nya. Yang kedua, bacaan itu mengandung panggilan khusus terhadap seluruh pengikut-Nya untuk melakukan tindakan yang spesifik selama mereka berada di dunia.

Amanat Agung dan Signifikansinya bagi Orang Kristen

Amanat Agung adalah akhir dari Injil dan permulaan dari perwujudan iman bagi setiap orang Kristen. Perintah yang Yesus ucapkan ini penting karena merupakan perintah yang bersifat personal bagi setiap orang Kristen untuk menumbuhkan iman di dalam Yesus Kristus sebagaimana yang ditunjukkan dalam Matius 28:18, "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi." Ini adalah sebuah pernyataan yang tegas dan sekaligus menuntut iman kepada Kristus; yang menegaskan kuasa-Nya di dalam kehidupan setiap orang Kristen dan komitmen mereka kepada-Nya. Ayat ini menjadi sebuah klaim yang jelas atas kemahakuasaan Kristus keilahian-Nya. Jika orang Kristen tidak memercayai pernyataan ini, iman mereka tidak utuh. Dengan tegas, Yesus menyatakan otoritas-Nya di dunia ini -- yaitu penuh dan total sejak permulaan waktu (Yohanes 1:1-3).

Di Matius 28:19, Yesus memberi para pengikut-Nya perintah spesifik yang harus ditaati setelah iman mereka diteguhkan. "... pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus ...." Yesus memanggil semua pengikut-Nya untuk bertindak dan membagikan Kabar Baik tentang keselamatan ke seluruh dunia. Ada banyak orang mendengar panggilan dan melakukan berbagai perjalanan misi untuk menyebarkan perkataan Yesus Kristus. Telah ada banyak orang Kristen yang berkorban untuk pergi ke daerah-daerah terpencil di dunia, ke tempat-tempat yang belum beradab di hutan dan padang gurun. Namun, ada juga ladang misi yang dekat dengan rumah kita. Ladang itu dapat berupa tetangga-tetangga kita yang belum pernah mendengar tentang Kabar Baik, daerah-daerah miskin di ujung jalan yang orang-orangnya pun tak sanggup untuk membeli Alkitab. Bahkan, pada abad ke-21 ini, internet telah menjadi ladang misi dan menjadi tempat untuk menjangkau orang banyak dengan kasih Kristus. Tempat dan orang-orang yang perlu mendengar Injil ada di mana-mana!

Aspek penting lain yang terdapat dalam Matius 28:19 adalah bahwa secara spesifik, Kristus mengajarkan tentang doktrin Tritunggal kepada para pengikut-Nya. Tiga Pribadi dalam Tritunggal adalah sejajar dan betul-betul Allah, dan ketiganya dinyatakan dalam urutan yang logis: Bapa, Anak, dan Roh Kudus -- namun, ketiganya adalah satu Allah sejak semula (lihat Roma 1:20).

Akhirnya, di Matius 28:20, Yesus menyediakan perintah yang spesifik sekaligus peneguhan kepada para pengikut-Nya, "... ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Orang-orang Kristen diperintahkan untuk mengajar orang lain tentang Yesus Kristus beserta seluruh kebenaran-Nya. Kita tidak dapat mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat jika menolak sebagian dari ajaran-Nya. Sembari kita mengajarkan kebenaran Kristus, Matius 28:20 juga menyatakan kepada kita untuk percaya dalam iman bahwa Yesus Kristus akan menopang kita. Fakta ini telah teruji selama berabad-abad oleh orang-orang percaya yang mendengar, menerima, dan membagikan Kabar Baik Yesus Kristus. Ya, Kristus memang telah kembali ke surga, tetapi Ia tetap hadir melalui kuasa Roh Kudus dalam setiap diri orang percaya!

Amanat Agung -- Perintah yang Personal

Dalam Amanat Agung, Yesus memanggil setiap orang Kristen untuk menyatakan iman mereka dan menyebarkan Kabar Baik. Inilah iman yang diwujudkan! Orang-orang yang menaati perintah ini akan mengubah kehidupan rohani mereka untuk selama-lamanya! Membagikan Injil dapat kita lakukan dengan mengunjungi tetangga kita atau dengan pindah ke negara lain untuk menjangkau orang di sana. Dapat pula dengan menyatakan kasih kepada anak-anak jalanan atau dengan menyatakan Firman di kota lain. Intinya, ke mana pun kita pergi, orang Kristen diwajibkan dalam ketaatannya untuk membagikan Injil. Jika Anda percaya kepada Yesus Kristus, ke manakah Ia memanggil Anda untuk pergi menyatakan Injil-Nya? Untuk siapakah kasih yang Tuhan taruh dalam hati Anda? Langkah-langkah apakah yang dapat Anda ambil, dengan mengetahui bahwa Yesus akan terus berada di sisi Anda, untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya? (t/Yudo)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : All About Jesus Christ
Alamat URL : http://www.allaboutjesuschrist.org/the-great-commission.htm
Judul asli artikel : The Great Commission - A Personal Instruction
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 24 Oktober 2014