Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAfrika

Afrika


Guinea Bissau
Guinea Bissau (1,6 juta), Ibukota Bissau (0,4 juta), agama Islam 48%, Animis 42%, Katolik 7%, Kris-ten 2,5%. Bapak Pdt. Titus Dima, WEC, berkunjung ke Irlandia dan sesudah itu ia sudah berkhotbah misi atas permintaan dari persekutuan gereja-gereja Indonesia di Amerika. Sejak awal bulan Juni ia kembali. Ibu Ritha M., WEC, mengajar di Sekolah Alkitab, di samping ini ia memimpin pelayanan akhir pekan para mahasiswa. Fokus sekolah untuk tahun ini: desa-desa di mana penduduk beragama Islam. Dalam bulan Maret yang lalu banyak orang yang meninggal dunia di desa Ntchumbe karena kena kuasa gelap. Hal itu membuat banyak orang ketakutan dan hal itu membuat mereka datang ke gereja dan menyerahkan diri untuk percaya kepada Kristus. Bulan Maret yang lalu 35 orang dibaptis dan sampai sekarang terus ada orang yang minta dibaptis, khususnya dari kalangan anak muda. Ibu Salomi T., WEC, melayani di daerah Cacine, khusus di antara suku-suku terabaikan di daerah itu, yaitu Nalu & Susu. Dalam pelayanan ia memusatkan diri di antara anak-anak dan para wanita, juga pembinaan petobat baru. Karena Ibu Salomi bersama tim tinggal di daerah terpencil (selain radio ti-dak ada komunikasi), ia sangat memerlukan dukungan doa syafaat. Tolong terus doakan peperangan rohani ketiga pelayan di negara ini, supaya melalui mereka Nama Tuhan Yesus semakin dikenal dan semakin ditinggikan dan agar semakin banyak jiwa dimenangkan bagi kemuliaan-Nya.

The Gambia
The Gambia (1,5 juta), Ibukota Banjul (0,2 juta), Agama: Islam 89%, Animis 6,3%, Katolik 2,6%, Kristen 1%. Suku-suku terutama: Mandinka, Wolof, Fula, Balanta, dan Jola, yang beragama Islam. Baru-baru ini lima orang dibaptis, karena kehidupan mereka sudah nampak dirobah oleh kuasa Kristus.

Nigeria
Nigeria (130 juta), Ibukota Abuja (0,4 juta), Agama: Islam 45%, Kristen 28%, Katolik 12%, bidat 11%. Dalam pemilu presiden, seorang gubernur dari bagian Utara yang beragama Islam dipilih, Yar' Adua. Sebagai gubernur ia mendirikan hukum Islam di propinsinya. Orang Kristen berdoa, bahwa presiden baru ini melunakkan cara pemerintahan sebagai presiden. Satu masalah besar: anak-anak laki-laki dan perumpuan Kristen diculik, diadopsi keluarga lain, dan secara paksa diislamkan.

Pantai Gading
Pantai Gading (19 juta), Ibukota Yamoussoukro (0,3 juta), kota besar: Abidjan (2,9 juta), agama: Is-lam 40%, Kristen 15%, Katolik 14%, Animis 30%. 4 000 gedung gereja Injili terdapat di negara ini, tetapi juga 5 000 tempat keramat. Sayang, sampai kini banyak orang Kristen masih terlibat dalam penyembahan roh dan simpan jimat, karena itu kesaksian mereka menjadi kabur. Doakan usaha pener-jemahan Firman TUHAN, sekarang ini dikerjakan penerjemahan ke dalam 21 bahasa.

Chad
Chad (10,5 juta), Ibukota N'Djamena (1 juta), agama: Islam 45,5%, Animis 19,1%, Katolik 20,5%, Kristen 14%. 200 suku bangsa berbeda dalam negara ini. Dalam negara ini banyak kerusuhan dan kekerasan. Pelayan TUHAN memerlukan ketabahan dan perlindungan, bahwa mereka di tengah pertikaian dan tembak-menembak antara berbagai kelompok dapat tetap memberitakan Injil.

Ethiopia
Ethiopia (63 juta), Ibukota Addis Adaba, agama: Ortodoks 45%, Islam 35%, Kristen 14%, Animis 6%. Pemerintahan Meles Zenawi makin diktatoris, banyak orang pro-demokrasi dan pekerja sosial ditahan. Orang Kristen Injili sering dianiaya oleh penduduk setempat yang Ortodoks atau Islam. Bulan Maret yang lalu seorang penginjil dipukuli sampai mati oleh satu kelompok orang Islam.

Eritrea
Eritrea (4,5 juta), Ibukota Asmara (0,4 juta), agama: Islam 51%, Ortodoks 40%, Katolik 4,6%, Kris-ten 1,5% (Injili 20 000 orang), Animis. Aliran Injil dilarang keras berbakti di mana saja, termasuk di rumah sendiri. Karena belum ada perobahan, jangan berhenti berseru kepada TUHAN, agar 2000+ tahanan Kristen dikuatkan oleh Yesus setiap hari, meskipun mereka menderita luar biasa. Baru-baru ini 80 Kristen lagi ditahan polisi. Sudah ada yang ditahan selama tiga tahun, sampai kapan???

Afrika Selatan
Afrika Selatan (47 juta), Ibukota Pretoria (2 juta), Cape Town (2,9 juta). Agama Kristen 38,4%, Ka-tolik 7,8%, bidat 26%, Hindu 1,7%, Animis 17,7%, tidak beragama 6,5%, Islam 1,2% yang berasal dari negara-negara Afrika Timur, orang Melayu, 250 ribu jiwa, orang Urdu (keturunan dari India), dan orang dari negara sendiri. Bapak & Ibu Pdt. N. Rajagukguk (WEC Indonesia) memusatkan pelayanan dan perintisan mereka di antara orang fokus. Mereka berdoa, agar di antara orang target timbul satu kehausan akan kebenaran dan bahwa mereka dengan rindu mau mempelajari Firman TUHAN.